Alipin, Santiko (2007) Analisis tingkat kepuasan pelanggan Mi Kering "X" dengan Metode Importance Performance Analysis di Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mi merupakan bahan pangan yang dibuat menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama. Perusahaan mi kering "X" adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan pangan khususnya mi kering. Perusahaan mi kering "X" mengalami penurunan volume penjualan yang menyebabkan persediaan menumpuk sehingga proses produksi menjadi tidak lancar. Berdasarkan Supranto (2001), penurunan penjualan disebabkan semakin meningkatnya pesaing sehingga perlu mencoba berbagai macam strategi agar dapat memenangkan persaingan. Salah satu strateginya dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas produk sesuai dengan harapan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap tingkat kepentingan dan kinerja atribut-atribut mi kering "X" menggunakan metode Importance-Performance Analysis. 2. Mengetahui atribut-atribut mi kering "X" yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Manfaat dari hasil penelitian adalah sebagai bahan informasi untuk meningkatkan kinerja atribut-atribut dalam produk dan peningkatan kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan pada pelanggan mi kering "X" yang berada di Jombang pada bulan Juli 2006, dengan sampel 72 responden. Hasil penelitian dengan metode Importance-Performance Analysis diperoleh rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 111,6%. Nilai rata-rata penilaian tingkat kinerja seluruh atribut sebesar 3,63 dan nilai penilaian tingkat kepentingan sebesar 3,34. Dari metode importance-performance analysis diketahui bahwa pelanggan mi kering “X” sudah merasa puas terhadap kinerja dari atribut-atribut yang terletak di kuadran II, III, dan IV yaitu label yang tercantum, harga, variasi ukuran kemasan, garansi produk, tanpa bahan pewarna, aroma, rasa, kemudahan memperoleh produk, bahan kemasan, bentuk kemasan, kepopuleran merek, warna kemasan dan masa kadaluarsa. Sedangkan atribut-atribut yang perlu diperbaiki karena pelanggan belum puas terletak di kuadran I yaitu kerusakan mi sebelum digunakan dan kerusakan kemasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2006/303/050703050 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 22 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147588 |
![]() |
Text
050703050.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |