Analisis Nilai Pada Desain Kemasan Susu Kedelai “RISA”.

NikoDwiSupriAtmoko (2006) Analisis Nilai Pada Desain Kemasan Susu Kedelai “RISA”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemasan termasuk salah satu komponen penting untuk menarik konsumen. Industri Mikro Susu Kedelai RISA mengalami penurunan volume penjualan. Hal ini disebabkan kemasan tidak menarik dan kualitasnya kurang baik. Tujuan penelitian ini menghasilkan desain kemasan baru produk susu kedelai dengan performance yang lebih baik. Metode yang dipakai pada pembuatan desain kemasan baru tersebut adalah Analisis Nilai. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2005 sampai dengan bulan Juni 2006. Penelitian dilakukan Industri Mikro Susu Kedelai "RISA", Joyogrand, dan daerah pendistribusian di wilayah kota Malang. Metode yang digunakan adalah analisis nilai. Langkah-langkah kerja analisa nilai terdiri: 1. Tahap Informasi, 2. Tahap Kreatif, 3. Tahap Analisa, 4. Tahap Pengembangan, 5. Tahap Presentasi. Nilai kemasan baru tersebut didapatkan dengan cara membandingkan nilai performance dengan biaya produksi kemasan. Kriteria performansi yang digunakan antara lain : komposisi warna (L1), tipe huruf/ jenis huruf (L2), ilustrasi/gambar/logo (L3), kelengkapan informasi (L4), daya tarik (L5), keserasian (L6), kemudahan mengkonsumsi (K1), kemudahan menyimpan (K2), bahan pengemas (K3), dan cara penutupan kemasan (K4). Analisis nilai kemasan terhadap 3 alternatif desain maka terpilih desain A1. Desain tersebut memiliki ilustrasi segelas susu tumpah diatas sejumlah biji kedelai. Alternatif tersebut menggunakan cetak rotografur dalam ( inside ), karena membutuhkan biaya relatif murah dan kualitasnya terbaik dari yang lain. Berdasarkan perhitungan performance dengan skala 0 - 1 maka urutan bobot kriteria performansi masing-masing adalah: bahan pengemas (0,408), kemudahan mengkonsumsi (0,221), kemudahan menyimpan produk (0,155), cara penutupan kemasan (0,096), daya tarik (0,061), keserasian (0,053), kelengkapan informasi (0,052), dan ilustrasi (0,021). Nilai performansi desain kemasan baru 5,875, sedangkan kemasan lama hanya sebesar 2,716. Biaya kemasan meningkat dari Rp10.080.000 menjadi Rp16.560.000,00, atau meningkat 64,2%. Dengan penerapan desain kemasan baru maka nilai kemasan produk meningkat dari 1 menjadi 1,317.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2006/196/050602476
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 May 2009 08:43
Last Modified: 21 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147581
[thumbnail of 050602476.pdf] Text
050602476.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item