Implementasi Ionic Framework Untuk Aplikasi Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry-Based Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Perangkat Bergerak

Khoir, Abdul (2017) Implementasi Ionic Framework Untuk Aplikasi Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry-Based Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Perangkat Bergerak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan adalah upaya yang disusun untuk mewujudkan proses kegiatan belajar yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri dari peserta didik. Pendidikan di Indonesia terdiri dari 3 tingkatan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah jenjang pendidikan yang masuk dalam kategori pendidikan dasar untuk siswa. Minat belajar siswa dan cara mengajar guru menentukan masa depan siswa, pembelajaran konvensional menyebabkan kurangnya antusias siswa terhadap proses belajar dikarenakan pembelajaran konvensional memusatkan pada metode pembelajaran ceramah, hal tersebut menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang aktif terhadap pembelajarannya. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi pembelajaran yang menerapkan model Inquiry-Based Learning. Dalam merancang aplikasi pada tahap identifikasi kebutuhan fungsional mengacu pada model Inquiry-Based Learning, kebutuhan non-fungsional didapatkan tingkat parameter usability dan performance aplikasi. Implementasi dilakukan dengan pembuatan sesuai dengan hasil perancangan yang dibuat, aplikasi perangkat bergerak dengan pendekatan hybrid menggunakan Ionic Framework, sedangkan web server dan aplikasi web menggunakan Codeigniter Framework. Pada pengujian unit menggunakan white-box testing menunjukkan bahwa jalur independen dari masing-masing algoritma yang diuji telah dieksekusi dan memberikan hasil yang valid sesuai dengan harapan. Pengujian usability mendapatkan nilai 82.54% untuk aplikasi perangkat bergerak dan 80.36% untuk aplikasi web, sedangkan pengujian respon untuk mengetahui minat belajar siswa dengan aplikasi mendapatkan nilai 86.58%, nilai-nilai tersebut masuk dalam kategori “Sangat Memuaskan”. Pada pengujian performance menunjukkan rata-rata waktu ekseskusi pada fungsi yang diuji sebesar 1.75 detik.

English Abstract

Education is the organized effort to actualize a learning process which aims to develop the potential of learners. Education in Indonesia consists of three levels: elementary education, middle education and higher education. Junior High School (SMP) is an elementary level education for students. Students’ learning interest and teachers’ method determines students future. Conventional learning leads to draining students’ passion to learn because it focuses on lecture method, causes students to feel tired and less active toward learning. Therefore, a learning application invented that implements inquiry-based learning model. Application’s design at functional requirements identification stage refers to inquiry-based learning model, whereas non-functional requirements refers to parameter level of usability and application performance. Implementation was performed according to design’s result, which is the application of mobile devices with a hybrid approach using Ionic Framework, while web server and web application using CodeIgniter Framework. White-box unit testing showed that every independent paths of tested algorithms have been executed and provide valid results which in line with expectations. Usability testing scored 82.54% for mobile device applications and 80.36% for web applications, whereas response testing to determine student interest with application scored 86.58%. Those scores are included in "Very Satisfactory" category. Performance testing showed that the average execution time at tested function were 1.75 seconds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/87/051701184
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Feb 2017 13:48
Last Modified: 21 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147522
[thumbnail of SKRIPSI-ABDUL_KHOIR-125150201111048-MOBILE.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-ABDUL_KHOIR-125150201111048-MOBILE.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item