Pemodelan Proses Bisnis Layanan Registrasi Pelanggan Baru Menggunakan Bpmn 2.0 (Studi Kasus Pada Pdam Kota Malang)

Auliya, Latiful (2017) Pemodelan Proses Bisnis Layanan Registrasi Pelanggan Baru Menggunakan Bpmn 2.0 (Studi Kasus Pada Pdam Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik serta menangani dalam pengelolaan dan pendistribusian air daerah kota Malang. Berdasarkan data yang diperoleh dari PDAM kota Malang jumlah penduduk yang membutuhkan pendistribusian air meningkat dan semakin meluas yang dapat dilihat dari peta lokasi yang ada pada saat ini. Aktivitas bisnis yang dijalankan pada perusahaan daerah air minum menyediakan beberapa pelayanan pendaftaran pelanggan pasang baru, proses registrasi, retur barang, pengawas pekerjaan lapangan. Saat ini ada beberapa proses bisnis layanan yang sudah terkomputerisasi dan sebagian secara manual. Proses bisnis layanan pasang baru, retur barang, dan pengawas pekerjaan lapangan terdapat resiko mudah terjadi kesalahan, waktu yang dibutuhkan untuk registrasi pelanggan baru sampai proses pemasangan akan menjadi lama dan ketidakpastian pemasangan seiring dengan bertambahnya jumlah pendaftar pelanggan baru. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah solusi berupa pemodelan proses bisnis dalam menjalankan berbagai kegiatan yang sesuai dengan strategi dan misi organsasi yang diharapkan pada PDAM. Pemodelan proses bisnis pada penelitian ini menggunakan BPMN untuk memperbaiki proses bisnis yang ada sehingga pemodelan proses bisnis dapat disesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan saat ini. Pemodelan proses bisnis yang sesuai akan menghasil blueprint yang sesuai dengan kebutuhan yang dapat dijadikan dalam dasar merancang, mengelola dan pengadaan SI/TI pada PDAM Kota Malang untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan organisasi tersebut, Serta dari pemodelan proses bisnis akan menghasilkan rekomendasi proses bisnis baru dimana terdapat hasil dari 3 simulasi acuan yaitu level validation, level time analysis, dan level resource analysis dimana dari hasil setiap simulasi akan menghasilkan waktu proses yang dibutuhkan pada setiap level simulasi, kemudian pada setiap hasil simulasi level tersebut akan dibandingkan antara proses bisnis sebelum dan proses bisnis hasil rekomendasi, yang diharapkan nantinya dapat menjadi pertimbangan agar dapat diterapkan pada PDAM Kota Malang.

English Abstract

The regional drinking water company (PDAM) is one of the Government agencies that provide public services and deal with in the management and distribution of water area of Malang. Based on data obtained from PDAM Malang number of people who need water distribution increased and more widely viewable on a map the location that exists at the moment. Business activities are run on local water companies provide several new pairs customer registration services, the process of registration, returns, supervisor of field work. Currently there are several business process services have been computerized and partly manually. Business activities are run on local water companies provide several services, new customer registration services, the process of registration, returns the goods, supervisor of field work. Currently there are several business process services have been computerized and the others manually. Business process of new registration services, returns the goods, and in supervising the field work there is a risk of an error, the time required for the registration of new customers through the installation process will be long and mounting uncertainty due to the increasing number of applicants of new customers. Based on these problems, we need a solution in the form of business process modeling in carrying out various activities in accordance with the strategy and organization with the mission of which is expected at the PDAM. Business process modeling in this research is using BPMN to improve the existing business processes so that business process modeling can be adapted for the changes and needs at this moment. Business process modeling that is right will produce blueprint accordance with the requirements that can be used in basic designing, managing and provision of IS / IT at PDAM Malang to improve performance and service quality of the organization, as well as from the modeling process business will make a recommendation new business processes where there are the results of three simulations of reference, namely the level of validation, level time analysis, and the expected level of resource analysis can be considered to be applicable to PDAM Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/78/051701175
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Feb 2017 10:42
Last Modified: 21 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147512
[thumbnail of Latiful_Auliya-_pemodelan_proses_bisnis_layanan_registrasi_pelanggan_baru_menggunakan_bpmn_2.0_(Studi_kasus_PDAM_Kota_Mal~1.pdf]
Preview
Text
Latiful_Auliya-_pemodelan_proses_bisnis_layanan_registrasi_pelanggan_baru_menggunakan_bpmn_2.0_(Studi_kasus_PDAM_Kota_Mal~1.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item