Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Improvement Pada Divisi Marketing PT. Pancanaka Konstruksi Utama Malang

Septiani, Wulan (2017) Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Improvement Pada Divisi Marketing PT. Pancanaka Konstruksi Utama Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Pancanaka Konstruksi Utama Malang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi. Pada PT Pancanaka Konstruksi Utama terdapat empat divisi salah satunya divisi marketing. Tugas dari divisi marketing berhubungan dengan penjualan dan promosi. Terdapat empat proses bisnis dalam divisi marketing yaitu proses bisnis penjualan, proses bisnis rencana promosi, proses bisnis kerjasama, dan proses bisnis input data konsumen. Pada divisi marketing terdapat suatu aktivitas yang dilaksanakan berulang-ulang. Misalnya pada aktivitas input data konsumen yang dilakukan dua kali. Selain itu, pengarsipan berkas dilakukan secara manual dan disimpan pada buku-buku besar mengakibatkan aktivitas pencarian data yang memakan waktu lama, karena semakin hari data yang disimpan semakin banyak. Berdasarkan masalah tersebut perlunya dilakukan perbaikan proses bisnis pada divisi marketing PT Pancanaka Konstruksi Utama. Penelitian ini memiliki tujuan pembuatan model proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis saat ini, dan pemberian hasil rekomendasi proses bisnis untuk perbaikan. Untuk melakukan perbaikan proses bisnis, pemodelan dibutuhkan untuk memahami alur proses bisnis. Penulis memilih Business Process Model and Notation (BPMN) sebagai alat untuk memodelkan proses bisnis. Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan menerapkan metode Business process improvement dengan Business Process Reengineering sebagai alat untuk melakukan perbaikan. Teknik ESIA (eliminate, simplify, integrate, dan automate) digunakan untuk menentukan aktivitas pada proses bisnis yang perlu dilakukan perbaikan. Hasil dari penelitian ini berupa model proses bisnis usulan dan perbandingan proses bisnis saat ini dengan proses bisnis usulan.

English Abstract

Pancanaka Konstruksi Utama Malang Corporation is a construction company. There are four divisions in Pancanaka Corporation, one of them is marketing. Marketing division has four business processes, they are sales business processes, promotion plans business process, collaboration business process, and consumer data inputting business process. In Marketing Division, there are some activities that have been done repeatedly, for example customer input data activity has been done twice. Futhermore, the file archiving still done manually and saved on large books so the searching data activity takes a lot of time because the amount of stored data incresing every day. The purpose of this research are to create current business process modeling, analysis of current business processes, and provide the results of the business process recommendations for improvement. To make improvements in business processes, modeling is needed to understand the current business process flows. Business Process Model and Notation (BPMN) is used as a tool to create business process modelling. The improvement would do by applying Business process improvement with Business Process Reengineering. ESIA method (eliminate, simplify, integrate, and automate) is used to the activity of the business processes that need to be improved. The result of this research are business process model proposal and the comparison between current business process and business process proposal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/68/051701164
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Feb 2017 09:15
Last Modified: 21 Oct 2021 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147501
[thumbnail of skripsi_-_wulan_septiani.pdf]
Preview
Text
skripsi_-_wulan_septiani.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item