Sistem Pakar Klasifikasi Permasalahan Berdasar Aum Menggunakan Fcm-Fis Tsukamoto

NajibEkaChristianto, Ainun (2017) Sistem Pakar Klasifikasi Permasalahan Berdasar Aum Menggunakan Fcm-Fis Tsukamoto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alat ungkap masalah merupakan sebuah instrumen dalam bimbingan dan konseling yang digunakan untuk menemukan dan memahami setiap permasalahan yang dialami oleh siswa. Alat ungkap masalah ini digunakan karena kurangnya pemahaman yang mendalam dari guru bimbingan dan konseling terhadap siswa. Meskipun sudah digunakannya alat ungkap masalah proses pelayanan bimbingan konseling siswa masih kurang maksimal dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang ada dalam suatu sekolah dan pemahaman guru bimbingan dan konseling mengenai alat ungkap masalah dan masalah yang dihadapi oleh siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah sistem pakar yang dapat mengadopsi pengetahuan dari seorang pakar bimbingan konseling dalam proses pengenalan masalah menggunakan alat ungkap masalah. Tujuan dari aplikasi ini adalah membantu para guru bimbingan konseling untuk mempermudah proses bimbingan dan konseling dan mempermudah siswa dalam mengenali masalah yang dihadapinya. Aplikasi ini menggunakan FCM Clustering sebagai proses pembangkitan aturannya dan FIS Tsukamoto sebagai mesin inferensinya, aplikasi ini dapat menghasilkan tingkat akurasi sebesar 75,71 % dibandingkan dengan hasil diagnosis pakar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/163/051703533
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 May 2017 10:11
Last Modified: 22 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147384
[thumbnail of Sistem_Pakar_Klasifikasi_Permasalahan_Berdasar_AUM_Menggunakan_FCM-FIS_Tsukamoto_Ainun_Najib_Eka_C.pdf]
Preview
Text
Sistem_Pakar_Klasifikasi_Permasalahan_Berdasar_AUM_Menggunakan_FCM-FIS_Tsukamoto_Ainun_Najib_Eka_C.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Paper_Sistem_Pakar_Klasifikasi_Permasalahan_Berdasar_AUM_Menggunakan_FCM-FIS_Tsukamoto_Ainun_Najib_Eka_C.pdf]
Preview
Text
Paper_Sistem_Pakar_Klasifikasi_Permasalahan_Berdasar_AUM_Menggunakan_FCM-FIS_Tsukamoto_Ainun_Najib_Eka_C.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item