Implementasi Kendali Palang Pintu Kereta Api Menggunakan Ir Sensor Dan Nrf24l01

Pangestu, BagusPriyo (2017) Implementasi Kendali Palang Pintu Kereta Api Menggunakan Ir Sensor Dan Nrf24l01. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perlintasan kereta api merupakan sebuah persilangan dimana bertemunya jalur kereta api dengan jalan, baik jalan raya atau jalan setapak lainnya. Di Indonesia, banyak kasus kecelakaan pada area tersebut yang disebabkan kurangnya penjagaan dan tidak dilengkapinya fasilitas palang pintu kereta, sehingga sering menimbulkan korban jiwa. Selain itu, terdapat juga beberapa kasus kecelakaan pada area perlintasan kereta api dikarenakan adanya faktor human error seperti pengguna jalan yang kurang disiplin atau kelalaian pada petugas palang pintu yang menyebabkan tidak berjalannya palang pintu sebagaimana fungsinya. Untuk mengurangi faktor kecelakaan diatas, maka dirancanglah sebuah sistem kendali palang pintu kereta api secara otomatis dengan mengkombinasikan beberapa ir sensor atau sensor infrared sebagai hitung kendaraan dan baca kecepatan kereta. Berdasar dua input tersebut, maka dihasilkan sebuah output berupa keputusan pergerakan palang. Keputusan pergerakan palang diatur menggunakan logika fuzzy sugeno yang nantinya menghasilkan pergerakan palang bergerak cepat, sedang atau lama. Untuk komunikasi pengiriman data dilakukan secara wireless menggunakan modul nrf24l01. Dalam eksekusi keseluruhan program ketika dijalankan, didapatkan 9971 sampai dengan 10071 milisecond palang akan menutup cepat, 13031 sampai dengan 13080 milisecond palang akan menutup sedang dan 22461 sampai dengan 22571 milisecond palang akan menutup lama dengan performa pengiriman data secara wireless 460 sampai dengan 580 milisecond dengan kesimpulan sistem bekerja sesuai yang diinginkan dengan eksekusi program dalam melakukan sebuah keputusan kurang dari batas waktu yang ditetapkan yaitu 61,2 detik yang merupakan waktu tempuh kereta sebelum sampai pada pintu perlintasan kereta api dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dengan perbandingan error waktu sistem dan waktu realtime 4,6 %.

English Abstract

Crossings train is a cross where meetings of railway line with the way , the highway or a trail other. In indonesia , many cases accident in the area were caused lack of keys no have facilities cross bar train , hence often to cause casualties .In addition , there are also some cases accident on an area of crossings train because the factors human error like road users lacking in discipline or guard at the cross bar that causes inactive of cross bar as its function .To reduce factors accident above , so designed a system control cross bar train automatically with combined some ir censors or censor infrareds as count vehicles and read the speed of a train. Based two of the input , so produced a decision of output the movement of cross. The movement of the decision cross arranged using fuzzy logic sugeno which will produce cross movement move quickly , medium or slowly. For communication the submission of the data in wireless using module nrf24l01. Into execution of the entire program when run , 9971 been gained up to cross 10071 milisecond will close fast , 13031 up to cross 13080 milisecond will close medium and 22461 up to cross 22571 milisecond will close slowly with delivery performance data is wireless 460 up to 580 milisecond by inference a system of working to fit as desired with the execution of the program in do a decision less than a time limit set 61.2 seconds that is the train travel time prior to the the crossing gate railway with the top speed of 60 km per hour with error ratio 4.6 % between system time and realtime.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/158/051703351
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:38
Last Modified: 17 May 2022 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147378
[thumbnail of Baguus Priyo Pangestu.pdf] Text
Baguus Priyo Pangestu.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item