Evaluasi Dan Perbaikan Desain Userinterface Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kab. Pasuruan)

Febriansah, Rasyid (2017) Evaluasi Dan Perbaikan Desain Userinterface Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kab. Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Website merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil misalnya, mempunyai website yang menyediakan informasi penting seperti cara membuat ktp, kk, akta dll. Situs web yang baik idealnya mempunyai kemudahan dalam penggunaanya (usabilitas) sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam mengakses informasi yang disajikan. Pada kenyataanya usabilitas merupakan faktor yang kurang diperhatikan dalam perancangan situs web. Maka akan diangkat penelitian untuk mengevaluasi tampilan antarmuka situs website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pasuruan menggunakan kuesionerWEBUSE dan terdiri dari 24 pertanyaan dan terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Content, Organization, and Readability, Navigation and Links, Desain UserInterface, PerformanceandEffectiveness. Keterlibatan manusia sebagai pengguna dalam sebuah perancangan sistem sangat penting agar dihasilkan sebuah sistem yang sesuai karaterisktik dan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu pada perbaikan desain antarmuka website DISPENCAPIL proses perancangannya didasarkan pada metode Human-Centered Design. Metode tersebut melibatkan manusia sebagai pengguna dalam setiap tahapan proses perancangan yaitu pertama untuk menentukan konteks penggunaan, evaluasi awal, menspesifikasikan persyaratan pengguna, perancangan solusi desain, dan terakhir melakukan evaluasi akhir. Setelah tahapan selesai dilakukan analisis hasil dengan membandingkan nilai usabilitas antara desain lama dengan desain usulan perbaikan. Sebelum dilakukan perbaikan maka diketahui spesifikasi dan konteks pengguna, dan yang menggunakan adalah pengguna dan masyarakat, lalu diketahui stakeholder terkait DISKOMINFO dan DISPENCAPIL Kabupaten Pasuruan, stelah tahap tersebut didapatkan hasil evaluasi awal berupa nilai dari aspek 4 usabilitas dan hasil wawancara terdapat 16 masukan dari 5 orang responden yang diambil dari 30 responden kuesioner pada tahap evaluasi. Pada tahap selanjutnya dilakukan prototyping perbaikan antarmuka website DISPENCAPIL dengan menggunakan tahapan HCD. Tahap akhir dilakukan evaluasi akhir sehingga diketahui nilai dari website perbaikan, didapat perbedaan dan kenaikan nilai dari desain website sebelumnya yang mencapai rata – rata kenaikan 0,21, faktor kenaikan tersebut yang dominan terdapat pada dimensi Desain dan User Interface. Nilai tersebut sudah tergolong baik, dan setiap dimensi menghasilkan level good.

English Abstract

Website is an information page provided via internet so it can be accessed around the world as long as network connected to the Internet. Department of Population and Civil Registration exanmple, have a website providing important information like a how to make identity card, family card, deed, etc. A good website ideally has a ease of use (usability) so make the user easier access to information presented. In fact usabillity less attention in the design of websites. It will be lifted research to evaluate interface website Department of Population and Civil Registration Pasuruan using a questionnaire WEBUSE consist of 24 questions and is divided into four categories, namely Content, Organization, and Readability, Navigation and Links, Desain User Interface, Performance and Effectiveness. The direct involvement of human as a user in a system design is essential in order to produce a system suitable to the characteristics and needs of its users so it can help ease the work and provide comfort when used. Therefore, at the design stage made a proposal that fixed design process based on the method of Human-Centered Design. This method involves humans as a user in every step of the design process. The research phase is done by specifying the context of use, an initial evaluation, specifies user requirement, design solution, and finally perform the final evaluation. After the completion stage, analysis results by comparing value usability between the old design with the design of the proposed improvement.Before the improvement then known spesification and context of use, and user and that use is user and society, then known stakeholder of DISKOMINFO and DISPENCAPIL Pasuruan district, after the phase found an early evaluation form variable from aspect usability and result interview have 16 feedback from 5 respondets taken from 30 respondents questionnaire the evaluation phase. Next phase do prototyping interface improvement of website DISPENCAPIL usign HCD phase. The final phase do the final evaluation so known variable from website improvements, acquired difference and increase variable form previous website reached the average increase 0,21, factors such increases The dominant contained in dimension Desain dan User Interface. Value is already classified as good, and each dimension produces good level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/150/051701564
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Mar 2017 09:11
Last Modified: 22 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147370
[thumbnail of Evaluasi_dan_Perbaikan_antarmuka_website_HCD.pdf]
Preview
Text
Evaluasi_dan_Perbaikan_antarmuka_website_HCD.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Skripsi_Evaluasi_dan_Perbaikan_antarmuka_website_HCD.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Skripsi_Evaluasi_dan_Perbaikan_antarmuka_website_HCD.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item