Apriliani, DefitrianaIndra (2017) Audit Layanan Sistem Informasi Manajemen Menggunakan Framework Information Technology Infrastruktur Library (Itil) V3 (Studi Kasus : Djp Online Pada Direktorat Jenderal Pajak Bagian Direktorat Tip Da. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta memiliki layanan DJP Online sebagai layanan portal yang dapat mempermudah jalannya proses bisnis . DJP Online berfungsi untuk pelaporan dan pembayaran pajak. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Direktorat Teknologi Informasi Perpajakan (TIP) dan Direktorat Transformasi Teknologi Komunikasi & Pengembangan (TTKI), keluhan dari layanan DJP Online adalah sering terjadinya error saat pengisian dan server yang tidak kuat. Oleh karena itu diperlukan audit layanan sistem informasi manajemen pada DJP Online di Direktorat Jenderal Pajak dengam menggunakan kerangka kerja ITIL versi 3 dengan domain Service Operation (SO) dan Continual Service Improvement (CSI) agar diketahui nilai kematangannya. Hasil perhitungan tingkat kematangan pada domain SO adalah 2,90 dan domain CSI adalah 2,23, nilai harapan pada domain SO adalah 3,92 dan domain CSI adalah 3,55. Sedangkan nilai kesenjangan pada domain SO adalah 1,09 dan domain CSI adalah 1,32. Berdasarkan tingkat kematangan, harapan dan kesenjangan maka diberikan rekomendasi yang dapat membantu DJP Online mencapai nilai kematangan yang diharapkan. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan melaksanakan proses-proses manajemen layanan yang ada pada domain SO dan domain CSI, melakukan pengukuran dan memonitor prosedur yang ada serta membuat dokumentasi pada proses-proses tersebut.
English Abstract
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta has DJP Online service as portal services to facilitate the course of business processes. DJP Online has function to reporting dan payment of taxes. Based on interview with Directorate of Information Technology Taxation (TIP) and Directorate of Communication Technology Transformation and Development (TTKI), one of the problem that arised is an error during filling and a server that is not strong. Therefore, an audit management services is needed to evaluate the system. ITIL v3 is used as the framework, focused on Domain Service Operation (SO) and Domain Continual Service Improvement (CSI) in order to know the value of maturity level. The results of the maturity level domain SO is 2,90 and domain CSI is 2,23, the expected value on the domain SO is 3,92 and for CSI is 3,55. While the value of the gap on the domain SO is 1,09 and for CSI is 1,32. Based on maturity level, expectations and gaps then some recommendations are given that can be used to assist the DJP Online achieve the expected maturity value. Recommendation is to implement the processes of management services in the domain SO and CSI, measuring and monitoring procedures that exist and make documentation on these processes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/136/051701550 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 10:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147354 |
Preview |
Text
NEW_DEFITRIANA_INDRA_-_115061001111017.pdf Download (12MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_115061001111017_DEFITRIANA_INDRA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal_referensi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal_referensi_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |