Analisis Proses Bisnis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pusat Oleh-Oleh Toko Chalista Madura

Rahmadi, MohammadHafiz (2017) Analisis Proses Bisnis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pusat Oleh-Oleh Toko Chalista Madura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pusat Oleh-Oleh Khas Madura Toko Chalista merupakan salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bergerak di bidang di bidang kuliner. Toko Chalista berdiri sejak tahun 2009 dan berlokasi di Jalan Raya Panglegur No. 62 Kabupaten Pamekasan - Madura. Dalam melaksanakan bisnisnya, Toko Chalista masih menggunakan cara konvensional dalam proses pelayanan transaksi penjualan, pembukuan pemasukan dan pengeluaran, maupun pengelolaan sumber daya toko.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan perbaikan proses bisnis yang didukung dengan sebuah sistem informasi akuntansi yang mampu mengoptimalkan kinerja toko kedepannya. Perbaikan proses bisnis dilakukan berdasarkan metode Business Process Improvement, meliputi tahap Organizing for Improvement, Understanding the Process hingga Streamlining. Sistem informasi Akuntansi yang dikembangkan juga harus sesuai dengan kebutuhan bisnis Toko Chalista, sehingga dilakukan perancangan sistem informasi dengan menggunakan metode Rational Unified Process, meliputi tahap Inception dan Elaboration. Pada perbaikan proses bisnis, tahap Organizing for Improvement dilakukan perencanaan perbaikan bisnis yang akan dilakukan. Tahap Understanding the Process dilakukan pemodelan proses bisnis saat ini menggunakan BPMN. Tahap Streamlining dilakukan perbaikan proses bisnis yang menjadi rekomendasi bagi pemangku kepentingan untuk diterapkan di kemudian hari. Pada perancangan sistem informasi, tahap inception dilakukan analisis persyaratan yang menghasilkan dokumen visi, 10 fitur, 21 kebutuhan fungsional, 1 kebutuhan non-fungsional, 10 use case serta diagram aktivitas dari setiap use case. Pada tahap elaboration dilakukan perancangan arsitektur sistem yang menghasilkan kelas analisis dari setiap use case, pemetaan kelas analisis menjadi kelas desain, unifikasi kelas analisis, diagram kelas, diagram sequence dan physical data model. Setelah itu dilakukan evaluasi terhadap hasil perbaikan proses bisnis dan perancangan sistem. Evaluasi proses bisnis dilakukan dengan tinjauan bersama pemangku kepentingan, dimana menurut pemangku kepentingan rekomendasi proses bisnis baru dapat diterapkan pada Toko Chalista. Evaluasi perancagan sistem dilakukan dengan menerapkan metode Requirement Configuration Structure Framework (consistency analysis), dimana seluruh kebutuhan dalam perancangan sistem secara konsisten sesuai dengan kebutuhan bisnis toko Chalista. Melakukan verifikasi kebutuhan pengguna, dimana pengguna menyetujui seluruh kebutuhan yang diidentifikasi. Kemudian melakukan prototyping untuk membuktikan bahwa hasil perancangan yang diperoleh dapat diimplementasikan menjadi produk perangkat lunak.

English Abstract

Central of Maduresse souvenir shop Toko Chalista are one of MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) that engaged in culinary field. Toko Chalista had founded since 2009 and located at Jalan Raya Panglegur No. 62 Pamekasan – Madura. In doing their business, Toko Chalista are still use conventional methods in the service of sales transaction process, accounting of income and expenditure process, as well as resource management process. To solve these problems, it takes an improvement of business process, that supported by an accounting information system is able to optimize the performance of Toko Chalista in the future. Improvement of business process is based on Business Process Improvement method, includes the step of Organizing for Improvement, Understanding the Process until Streamlining. Accounting information system should be developed in accordance with business needs of Toko Chalista. so it needs to design an information system by using the Rational Unified Process method, includes the step of inception and elaboration. On the improvement of business process, phase of Organizing for Improvement is planning the business process improvement that will be done. Phase of Understanding the Process is modelling current business process using BPMN. Phase of Streamlining is improving business process that will be a recommendation for stakeholders to apply the new business process in the future. On designing information system, phase of inception is done the analysis requirement that produces the vision document, 10 features, 21 functional requirements, 1 non-functional requirement, 10 use cases and activity diaagram of each use cases. Phase of elaboration is done design of information system architecture that produces class analysis of each use cases, mapping of class analysis into class design, the unification of class analysis, class diagram, sequence diagram and physical data model. After that, the result of business process improvement and system design are evaluated. Evaluation of business process improvement is reviewing with stakeholders, and the result is the recommendation of new business process can be applied to Toko Chalista. Evaluation of system design is done by applying the method of Requirement Configuration Structure Framework (consistency analysis), that all the needs of system design is consistent with the business needs of Toko Chalista. Verifying the needs of users, which users are agree to all the identified needs . Then do prototyping to prove that the result of system design can be implemented into a software product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/128/051701542
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Mar 2017 09:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147345
[thumbnail of SKRIPSI_ANALISIS_PROSES_BISNIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM_INFORMASI_AKUNTANSI_PADA_PUSAT_OLEH-OLEH_TOKO_CHALISTA_MADURA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ANALISIS_PROSES_BISNIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM_INFORMASI_AKUNTANSI_PADA_PUSAT_OLEH-OLEH_TOKO_CHALISTA_MADURA.pdf

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of JTIIK_Paper_-_Hafiz.pdf]
Preview
Text
JTIIK_Paper_-_Hafiz.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item