Amaliyah, Rizki (2017) Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Unit Tranfusi Darah (Studi Kasus : Palang Merah Indonesia Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Palang Merah Indonesia (PMI) adalah organisasi perhimpunan nasional yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang setiap tahun menargetkan 4,5 juta kantong darah sesuai standar dari World Health Organization (WHO). Namun pada Tahun 2013, PMI hanya mampu memenuhi setengah dari target, hal ini disebabkan kurangnya loyalitas masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. Loyalitas pendonor akan muncul ketika pendonor tersebut merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh UTD PMI Kota Malang. Para peneliti sepakat bahwa kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang dapat menarik loyalitas pelanggan. Hasil observasi di UTD PMI Kota Malang terdapat permasalahan mengenai pelayanan pendonor antara lain registrasi pendonor yang masih manual, kartu donor yang kurang dimanfaatkan, tingkat edukasi donor darah yang rendah dan informasi event donor darah yang kurang merata. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan pengembangan perangkat lunak Electronic Customer Relationship Management berupa web self-service dengan konsep CRM Service Automation untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pendonor di UTD PMI Kota Malang sebagai upaya mempertahankan dan membangun loyalitas pendonor. Pengembangan dilakukan sesuai tahapan pada waterfall model yang dimulai dengan mengusulkan proses bisnis baru (to-be), kemudian dilakukan proses analisis kebutuhan yang menghasilkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional. Kebutuhan tersebut menjadi dasar untuk pembuatan use case yang akan menjadi dasar pada saat menentukan objek pada class diagram level analisis. Pada proses perancangan dilakukan pengembangan class diagram yang disesuaikan dengan perancangan berbasis objek. Pada tahap ini juga dirancang sequence diagram, data model dan antarmuka. Implementasi sistem dilakukan dengan konsep pemrograman berorientasi objek yang mengacu pada hasil perancangan. Kemudian pada penelitian ini, pengujian untuk kebutuhan fungsional digunakan pengujian unit, pengujian integrasi dan pengujian validasi yang menghasilkan nilai valid pada setiap kasus uji. Sedangkan, non-fungsional dilakukan pengujian compatibility yang membuktikan E-CRM PMI Kota Malang dapat berjalan dengan balk pada beberapa browser.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/127/051701541 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 10:29 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147344 |
Text
Rizki Amaliyah.pdf Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |