Evaluasi Tingkat Kematangan Layanan Sistem Informasi Akademik Institut Teknologi Nasional Malang Menggunakan Kerangka Kerja ITIL VERSI 3

Pringgodigdo, RandyDaniswara (2017) Evaluasi Tingkat Kematangan Layanan Sistem Informasi Akademik Institut Teknologi Nasional Malang Menggunakan Kerangka Kerja ITIL VERSI 3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang merupakan satu perguruan tinggi yang berada di Kota Malang. ITN Malang termasuk institut unggulan yang telah dikenal secara nasional. Di era serba komputer seperti saat ini telah menuntut segala bidang untuk turut menggunakan teknologi dan sistem informasi, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan tidak menutup adanya persaingan, hal itu terlihat dari sisi akreditasi, prestasi mahasiswa, dan popularitas. Sistem informasi menjadi salah satu aspek yang dapat membantu institusi pendidikan dalam bersaing, ITN memiliki Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang menjadi portal informasi dari segala hal mengenai keakademikan mahasiswa. Permasalahan yang biasa terjadi adalah data error yang dapat disebabkan oleh human error. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah kontrol terkait sistem informasi terhadap nilai layanan dalam mencapai proses bisnis ITN. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan ITIL framework V3. Maturity level untuk domain SO dan CSI saat ini berada pada level 2, sedangkan untuk tingkat kematangan yang diharapkan oleh Unit SIM selaku pengelola SIAKAD pada level 4, sehingga akan muncul kesenjangan (Gap Analysis). Dengan acuan tingkat kematangan yang ada saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Unit SIM dalam mencapai level yang diharapkan.

English Abstract

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang is a university located on Malang. ITN Malang is nice institute that have been popular. In this era, all sectors has demanded to using technology and information systems, indeed for education. In the education, competition also evident from the acquisition of good accreditation, student achievement, and high popularity. Information system can be used as competition, and ITN has Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) which becomes an information portal of all matters concerning student. But problems commonly happens caused by human error. Therefore, ITN needs a control mechanism to evaluate the information system in achieving ITN business process. Evaluation using ITIL V3 framework. Maturity levels of SO and CSI domain is currently at level 2, whereas for the level of maturity expected by the Unit SIM as the manager SIAKAD at level 4, so it would appear gap (Gap Analysis). Referencing on the current maturity level, will be given recommendations which can help Unit SIM to achieving expected level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/12/051701108
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Feb 2017 10:20
Last Modified: 22 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147336
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-RANDY_DANISWARA_P._EVALUASI_TINGKAT_KEMATANGAN_LAYANAN_SIAKAD_ITN_MALANG_MENGGUNAKAN_ITIL_VERSI_3.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-RANDY_DANISWARA_P._EVALUASI_TINGKAT_KEMATANGAN_LAYANAN_SIAKAD_ITN_MALANG_MENGGUNAKAN_ITIL_VERSI_3.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item