Perbaikan Proses Bisnis Tentang Layanan Di Bidang Pendidikan Dasar Dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Blitar Menggunakan Teknik Esia

Wardani, PatrisiaAnggiAnugrah (2017) Perbaikan Proses Bisnis Tentang Layanan Di Bidang Pendidikan Dasar Dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Blitar Menggunakan Teknik Esia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan oleh pemerintah daerah, sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi, maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak kemacetan. Oleh sebab itu, perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah. Perbaikan kinerja pelayanan publik akan mempunyai dampak yang luas terutama dalam tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, sedangkan kurang baiknya kinerja selama ini menjadi salah satu faktor penting yang mendorong munculnya krisis kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Pelayanan masyarakat yang diberikan oleh aparatur pemerintah seringkali cenderung rumit seperti : tata cara pelayanan dan disiplin kerja. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan umum di daerah. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) yang sangat berkaitan dengan kepentingan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dengan sistem pelayanan operasional yang dirasa kurang efektif. Pelayanan masyarakat dapat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui model proses bisnis saat ini di bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar menggunakan BPMN yang dapat digunakan untuk memahami alur proses bisnis saat ini dan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan. (2) untuk melakukan perbaikan proses bisnis saat ini dengan menggunakan teknik ESIA. (3) untuk mengetahui hasil perbandingan model proses bisnis saat ini dan proses bisnis usulan pada Bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode brainstorming. Setelah data terkumpul, data dianalisa dengan cara: (1) Memodelkan dan Simulasi Proses Bisnis Saat Ini, (2) Analisis Proses Bisnis Saat Ini, (3) Perbaikan Proses Bisnis Saat Ini. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan (1) model proses bisnis saat ini di bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar meliputi permohonan mutasi, permohonan ijazah hilang atau rusak, penerimaan peserta didik baru (PPDB), pembinaan bakat minat, persiapan Ujian Nasional, dan pengembangan mental kepribadian. (2) perbaikan proses bisnis dengan menggunakan teknik ESIA menghasilkan proses bisnis menjadi efektif yaitu prosesnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya. (3) hasil perbandingan menunjukkan proses bisnis usulan lebih efektif dalam waktu pelayanan.

English Abstract

Public service is one of the important tasks that can not be ignored by the local government because if the service component stagnation, then it almost certainly will affect all sectors of congestion. Therefore, there should be good planning and even necessary in the public service standards formulated in accordance with the authority granted by the central government to local governments. Improved performance of public service will have far-reaching implications, especially in the level of public confidence in the government, while the lack of good performance has become one of the important factors leading to a crisis of public confidence in the government. Community service given by government officials are often prone to complicated like: ordinance of services, and work discipline. This affects the quality of public services in the area. The research was conducted at the Department of Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) which is closely related to the interests of society, especially in the field of education with the system operational services were deemed less effective. Community service can be considered effective if people get the ease of service with short procedures, rapid, precise and satisfactory. The purpose of this study are: (1) To determine the current business process model in the Department of Dikdasmen using BPMN that can be used to understand the flow of current business processes and as a basis for improvement. (2) to assess the current business process improvement using techniques ESIA. (3) to determine the results of the comparison model of current business processes and business process proposed in department of Dikdasmen. Techniques of data collection using interviews and brainstorming method. Once the data is collected, the data is analyzed by: (1) Business Process Modeling and Simulation of Current, (2) Business Process Analysis Current, (3) Business Process Improvement Current. The conclusion shows (1) business process model is currently in the Department of Dikdasmen include a request mutation, the petition diploma lost or damaged, the acceptance of new students (PPDB), coaching talent interests, preparation of National Examination and mental development of personality. (2) the improvement of business processes by using techniques ESIA generate effective business processes into which the process becomes faster than ever before. (3) the results of the business process proposed processes more effective in service time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/118/051701532
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Mar 2017 14:26
Last Modified: 22 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147334
[thumbnail of Patrisia_Jurnal.pdf]
Preview
Text
Patrisia_Jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Patrisia_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Patrisia_Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item