Anggraeni, JeanniKusumaNur (2017) Evaluasi Proses Bisnis Pada CV. Gafina Putra Jaya Dengan Quality Evaluation Framework (QEF). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Proses fabrikasi dan proses penerimaan pesanan pada CV. Gafina Putra Jaya adalah proses utama pada perusahaan. Dengan menerapkan sistem Make to Order sebagai sistem produksi, perusahaan ini harus memperhitungkan hal-hal seperti, kesesuaian produk, kesesuaian bahan baku dan pekerja, hingga koordinasi jalannya proses tersebut. Namun faktanya, ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai perusahaan sehingga dapat menghambat aktivitas-aktivitas lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui gap yang terjadi antara target dan hasil kalkulasi. Langkah pertama yang dilakukan yaitu menentukan kebutuhan non-fungsional serta memodelkan proses bisnis dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) 2.0. Kemudian menentukan quality factor beserta targetnya dan dilakukan perhitungan sesuai dengan persamaan yang ada pada QEF. Selanjutnya mengidentifikasi tiap-tiap quality factor beserta ketidaksesuaian yang terjadi didalamnya hingga menemukan akar permasalahan dari gap yang terjadi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengetahui letak ketidaksesuaian yang terjadi pada perusahaannya sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk perbaikan proses bisnis pada perusahaan yang bersangkutan.
English Abstract
The orders fabrication and acceptance of CV. Gafina Putra Jaya is the main process of this company. By implementing the Make-to-order system as production system, this company should estimate stuffs like product compatibility, raw materials and workers suitability, and the coordination of those running processes. Nevertheless, there are some points that don’t appropiate with the desired target set by the company so that could be the obstacles to the other activities. Hence, this research is using Quality Evaluation Framework (QEF) methodology for knowing the happening gap between the target and calculation results. The very first step to be done is deciding the non-function needs and then modelling the business process using Business Process Model and Notation (BPMN) with version 2.0. Then deciding the quality factor and the targets and doing the calculation corresponding the equation in QEF. The next step is identifying each quality factor with their happening incompatibility until finding the root of problem from the happening gap. The result of this research hopefully could help the company to find out the exact incompatibility sector that is happening in the company so that it can be the consideration reference for the maintenance of business process in the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/105/051701520 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 09:49 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147320 |
Preview |
Text
Skripsi_Jeanni_-_125150401111014.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal_Skripsi_Jeanni.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |