Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis Webgis (Studi Kasus: Outlet Mcdonald’s Cabang Watu Gong, Malang)

Putra, AdnazilRachmadi (2016) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis Webgis (Studi Kasus: Outlet Mcdonald’s Cabang Watu Gong, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan McDonald’s adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan makanan cepat saji. McDonald’s Indonesia memiliki cabang atau outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu outlet yang dimiliki McDonald’s Indonesia yaitu outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang. Seperti outlet-outlet yang lain, salah satu jenis layanan yang ada pada outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang adalah delivery order. Tiap-tiap outlet memiliki Kelurahan yang menjadi batasan area pelayanan untuk jenis layanan Delivery Order. Beberapa pelayanan yang kurang baik, membuat pelanggan merasa kurang puas akan menyebabkan pelanggan melakukan komplain. Saat ini, outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang membutuhkan sebuah sistem informasi geografis berbasis web yang dapat menampilkan jumlah komplain pada kelurahan tertentu berdasarkan kategori komplain, dan sistem yang juga dapat menampilkan chart untuk mengetahui waktu yang paling sering digunakan pelanggan dalam melakukan komplain, tentunya berdasarkan kategori komplain. Tujuan dibangunnya Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis WebGIS agar pihak outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang dapat mengetahui informasi mengenai jumlah komplain dan waktu komplain lebih dini. Pada akhirnya, pihak outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang dapat mengevaluasi dan melakukan perbaikan terhadap kualitas pelayanan agar lebih adaptif serta lebih cepat berasarkan informasi yang didapat dari Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis WebGIS. Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Keluhan Peanggan Berbasis WebGIS, diharapkan komplain yang terjadi dapat dikurangi hingga tidak ada komplain atau zero complaint. Dengan Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis WebGIS, maka pihak outlet McDonald’s cabang Watu Gong, Malang telah menerapkan konsep dari Analytical Customer Relationship Management (CRM), yang berarti mendapatkan, mengekstrak, memproses, dan melaporkan data yang terkait dengan pelanggan yang nantinya menjadi acuan dalam pengambilan sebuah keputusan.

English Abstract

McDonald’s corporation is a company that provide in fastfood sales. McDonald’s Indonesia has a branch which also called an outlet that spread over regions around the country. One of outlet that belongs to McDonald’s Indonesia is McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch. Like any other outlets, one kind of service of McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch is a delivery order. Each outlet have a sub-district which be limitation area of service for kind of delivery order service. Some deficient service, can make customer unsatisfied will be caused customer do complaint. In this time, McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch needs a web-based geographical information which can displayed amount of complaint pursuant to complaint category, and the system can also displayed a chart for knowing most time that used by a customer do complaint, of course pursuant to complaint category. The bulid of a WeBGIS Based Complaint Management of Information System has a purpose so that McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch can knowing the amount of complaint and the time of complaint earlier. In the end, the McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch can evaluate along with improved service quality in order to more adaptable and faster based on information acquired from WeBGIS Based Complaint Management of Information System. With the existence of WeBGIS Based Complaint Management of Information System, the expectation of complaint occurrence can be reduced until no complaint or zero complaint. With a WeBGIS Based Complaint Management of Information System, then McDonald’s outlet of Watu Gong, Malang branch has apllied the concept of Analytical Customer Relationship Management (CRM), which means acquiring, extracting, processing, and reporting data regarding the customer that later be a reference in taking of decision

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/663/051612726
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Dec 2016 14:04
Last Modified: 22 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147246
[thumbnail of [Jurnal]125150407111028_Adzanil_Rachmadi_Putra.pdf]
Preview
Text
[Jurnal]125150407111028_Adzanil_Rachmadi_Putra.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of [Skripsi]125150407111028_Adzanil_Rachmadi_Putra.pdf]
Preview
Text
[Skripsi]125150407111028_Adzanil_Rachmadi_Putra.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item