Penerapan Fuzzy Integer Programming Untuk Optimasi Kandungan Gizi Menu Harian

GilangRamadhan, Galang (2016) Penerapan Fuzzy Integer Programming Untuk Optimasi Kandungan Gizi Menu Harian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama optimasi kandungan gizi menu harian adalah untuk membantu pengguna menemukan variasi termurah dari daftar menu harian mereka, berdasarkan kebutuhan gizinya serta batasan biaya yang ditetapkan. Permasalahan ini cukup menantang karena banyak melibatkan data yang sifatnya tak pasti atau buram sehingga tidak dapat diselesaikan dengan metode optimasi dasar seperti Linear Programming. Fuzzy Linear Programming adalah solusi lain yang dapat digunakan. Walaupun demikian, dikarenakan sifatnya yang linier, metode ini menimbulkan efek di mana kombinasi makanan yang dihasilkan bisa jadi tidak enak untuk dikonsumsi (unpalatable). Fuzzy Integer Programming (FIP), yang merupakan pengembangan dari Integer Programming, menerapkan batasan-batasan yang lebih ketat pada model matematika dari permasalahan. Dengan menggunakan metode yang mengonversi model FIP menjadi model Multiple Objective Integer Programming Problem (MOIPP), Integer Programming yang melibatkan data tak pasti dapat dipecahkan dengan mudah. Pengujian dengan membandingkan hasil dari metode ini dengan sebuah hasil a apriori optimal (didapatkan dari pembangkitan seluruh kombinasi yang mungkin) menunjukkan bahwa metode ini mampu menemukan variasi menu optimal dengan tingkat optimalitas 100% dalam berbagai kondisi keburaman data. Dengan demikian, Fuzzy Integer Programming dapat dikatakan sebagai solusi yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan permasalahan optimasi kandungan gizi menu harian.

English Abstract

Daily menu nutrition optiamization’s main goal is to help user find the cheapest variation of their daily menu list, according to their dietary needs and also specified cost constraint. This problem is quite challenging due to many imprecise data are involved so it can’t be solved by using basic optimization method like Linear Programming. Fuzzy Linear Programming is another promising solution. Though, due to its linear nature, this method has an effect that can resulting an unpalatable food combination. Fuzzy Integer Programming (FIP), which extends Integer Programming method, apply stricter constraints to the problem’s mathematical model. By using a method that converts an FIP model into Multiple Objective Integer Programming Problem (MOIPP) model, Integer Programming with fuzzy data is easily solvable. A test that try to comparing the result of this method with an a priori optimal result (obtained from an exhaustive combination generation) shows that this method is capable to find the optimal menu variation, within various data fuzziness settings, with optimality of 100%. Hence, Fuzzy Integer Programming can be considered as a reliable solution to solve daily menu nutrition optimization problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/649/051610932
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:49
Last Modified: 22 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147230
[thumbnail of final-document.pdf]
Preview
Text
final-document.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of final-journal.pdf]
Preview
Text
final-journal.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item