Pembangunan Aplikasi Order Tour And Travel (Studi Kasus : Golden Tour And Travel )

RakhmanHakim, Alief (2016) Pembangunan Aplikasi Order Tour And Travel (Studi Kasus : Golden Tour And Travel ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu konsep untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan sebagai fungsi terintegrasi dari pemasaran, penjualan, dan pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan terutama untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan. Konsep CRM ini diterapkan pada Golden Tours and Travel, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Saat ini perusahaan tidak memiliki sistem yang digunakan untuk melakukan pemesanan secara online, mendata saran, dan lain sebaginya dari pelanggan. Oleh karena itu, penerapan konsep CRM dilakukan dengan merancang sistem sebagaimana berfokus pada Operational CRM Service Automation yaitu customer self-service untuk pemesanan online dan helpdesk untuk manajemen saran, keluhan dan pertanyaan dari pelanggan. Sistem ini diuji menggunakan pengujian fungsional secara black-box dan user testing. Berdasarkan pengujian fungsional secara black-box, sistem sudah dapat berjalan dengan baik, dengan ditandai bahwa tiap-tiap fungsi sistem dapat dijalankan tanpa kesalahan. Sedangkan hasil pengujian user testing dari sudut pandang calon pelanggan dan dari sudut pandang staf layanan pelanggan cenderung positif, mayoritas berpendapat setuju dalam variabel kemudahan sistem maupun dalam variabel manfaat sistem. Ini menunjukkan bahwa sistem telah mampu menjalankan fungsi utamanya serta memberikan kemudahan dan potensi manfaat bagi calon pelanggan dan staf layanan pelanggan Golden Tours and Travel.

English Abstract

Customer Relationship Management (CRM) is a concept that helps a company manage all aspects of customer relationship, including marketing and advetising, sales, after-sale, and customer retainment programs. This concept applied to Golden Tours and Travel in this project. The purpose of implementing CRM is to improve the performance of the company in order to maintain customer loyalty to the company. At present they have no system which supports online ordering and management of customer complaints. Therefore, the implementation of CRM concept is done by designing a prototype system that applied focuses on Operational CRM Service Automation is customer self-service for online ordering and helpdesk management for customer complaints. This system was tested using black-box functional testing and user testing. Based on black-box functional testing, the system worked properly and every system function executed without error. The user testing from potential customer point of view and from customer service staff point of view tend to show positive results, most of them agreed with the ease and benefits of the system. This indicates that the system is capable of running the main functions and provide convenience and potential benefits to potential customer and customer service staff of Golden Tours and Travel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/618/051610901
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 23 Nov 2016 10:32
Last Modified: 21 Oct 2021 18:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147199
[thumbnail of Skripsi_(Alief_Rakhman_Hakim)_0910963066_2016_(FINAL).pdf]
Preview
Text
Skripsi_(Alief_Rakhman_Hakim)_0910963066_2016_(FINAL).pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_Alief_Rakhman_Hakim_(0910963066).pdf]
Preview
Text
JURNAL_Alief_Rakhman_Hakim_(0910963066).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item