Game Augmented Reality Virtual Pet Berbasis Marker Pada Perangkat Bergerak

LazuardiKautsar, Vicky (2016) Game Augmented Reality Virtual Pet Berbasis Marker Pada Perangkat Bergerak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hewan merupakan mahluk hidup yang selalu ada di sekitar kita sejak ratusan tahun yang lalu. Seiring dengan waktu kebutuhan manusia yang semakin bertambah membuat manusia mulai memanfaatkan hewan dengan cara yang berbeda yaitu dengan membudidayakan hewan pada lingkungan manusia. Namun karena tingginya biaya perawatan hewan dan kesadaran manusia akan pentingnya hubungan antara manusia dan hewan saat ini membuat beberapa orang tidak memiliki hewan domestik tersebut. Berdasarkan hal tersebut akan dikembangkan suatu media yaitu media game yang dapat digunakan sebagai sarana pengenalan interaksi manusia dan hewan dengan menggunakan perangkat bergerak dengan platform Android. Untuk membuat interaksi manusia dan hewan terasa lebih nyata dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis marker. Pada tahapan implementasi yang telah dirancang berdasarkan One Sheet dan Ten Sheet, akan dilakukan pengimplementasian dengan Unity yang menggunakan perangkat bergerak berbasis Android yang memiliki sensor yaitu kamera. Pada fase implementasi ini juga digunakan SDK tambahan untuk pendeteksian marker pada aplikasi game yaitu dengan menggunakan SDK Vuforia. Pengujian nantinya akan dilakukan untuk mengetahui apakah game sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengujian ini juga bertujuan untuk menemukan kesalahan yang ada pada game maupun kekurangan yang nantinya akan terlihat. Fase pengujian akan tediri dari design test dan playtest. Setelah dilakukan pengujian maka selanjutnya dilakukan analisa hasil dari pengujian tersebut. Analisa ini dibagi menjadi dua yaitu analisa design test dan analisa playtest.

English Abstract

Animal is a living things that live among us hundred years ago. By the time the growing of human need makes human utilize animal with a different method that is by nurturing the animal in human environment. But by the highly cost of nurturing the animal and human awareness of human animal interaction this time makes few people have domesticated animal. From that problem therefore created a media that is game media that used for human animal interaction by using mobile devices with Android platform. For making the human animal interaction feel more real will be used Augmented Reality technology base on marker. In the implementation that created base on One Sheet and Ten Sheet, the implementation will be done using Unity that use mobile devices base on Android that have a camera censor. In this implementation fase there will be used an extra SDK for marker detection in the game application with using Vuforia SDK. Testing will be done to measure the game is it have already fit with the planning dan requirement that has been done before. Testing will also be used to find mistake were made. After done with the testing there will be analisys result of the testing. This analisys will be split to two types that is design test analisys and playtest analisys.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/607/051610890
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Nov 2016 09:39
Last Modified: 21 Oct 2021 18:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147187
[thumbnail of Paper.pdf]
Preview
Text
Paper.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of GAME_AUGMENTED_REALITY_VIRTUAL_PET_BERBASIS_MARKER_PADA_PERA.pdf]
Preview
Text
GAME_AUGMENTED_REALITY_VIRTUAL_PET_BERBASIS_MARKER_PADA_PERA.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item