Implementasi Metode Store And Forward Pada Sistem Pemantauan Pendaki Gunung

AfIdatulHusna, Fina (2016) Implementasi Metode Store And Forward Pada Sistem Pemantauan Pendaki Gunung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus hilangnya pendaki gunung yang semakin bertambah setiap tahunnya telah menjadi topik utama dalam kasus ini. Kasus terakhir yang dapat diambil oleh penulis sebagai acuan adalah pendaki yang hilang di Gunung Semeru yang sampai saat ini masih belum ditemukan. Dari BASARNAS dalam pencarian pendaki gunung yang hilang sejauh ini masih menggunakan beberapa metode yakni pencarian menggunakan drone yang dilengkapi infrared untuk mengukur suhu badan, menggunakan anjing pelacak serta yang terakhir adalah manual dengan bantuan manusia. Pada penelitian ini penulis mencoba mencari solusi baru untuk membantu tim BASARNAS dalam melakukan pencarian pendaki yang hilang. Solusi yang ditawarkan yakni implementasi metode store and forward pada sistem pemantauan pendaki gunung. Daerah pegunungan dikenal dengan daerah yang tidak terdapat jangkauan internet maka dengan metode store and forward dapat memudahkan petugas untuk melakukan pemantauan keberadaan pendaki. Metode ini memungkinkan untuk melakukan pengiriman data yakni dengan menggunakan bantuan node perantara yang tidak lain diperankan oleh pendaki itu sendiri memanfaatkan smartphone miliknya. Dengan menggunakan metode ini maka petugas akan dengan mudah melakukan pencarian jika mendapati ada pendaki yang hilang. Petugas akan dapat mengetahui keberadaan pendaki terakhir kali sebelum dinyatakan hilang melalui data yang dibawa oleh pendaki. Pengiriman data menggunakan metode store and forward akan dapat dengan lancar sampai di tujuan berkat node perantara tanpa harus takut adanya data yang hilang. Sejauh ini pengujian dilakukan pada penelitian mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan penggunaan metode. Data yang dititipkan kepada node perantara dapat 100% tersampaikan pada alamat yang dituju tanpa ada data yang hilang.

English Abstract

The case of the loss of mountain climbers grow every year has become a major topic in this case. The last case that can be taken by the authors as a reference is a climber missing on the Mount Semeru until now still not found. BASARNAS in search of the missing mountaineers have so far been using several methods, which are finding use drone which include infrared to measure body temperature, using sniffer dogs and the latter is a manual with the help of humans. In this research, the authors tried to find new solutions to help the team BASARNAS in searching the missing climbers. The solution offered by the implementation of store and forward method in monitoring systems mountaineers. The mountainous area known as the no Internet coverage area with a store and forward method can be easier for officers to monitor the presence of climbers. This method makes it possible to perform the data transmission with the help of an intermediary node that no other climber played by itself utilizing his smartphone. Using these methods, the clerk will easily do a search if there find missing climbers. Using these methods, the clerk will easily do a search if there find missing climbers. Officers will be able to know where climbers last time before she went missing over data carried by climbers. Shipping data using store and forward method will be able to smoothly reach the destination thanks to an intermediary node without having to be afraid any missing data. So far the testing is done on a research reported results in compatible with the intended use of the methods. The data entrusted to an intermediary node can be 100% passed on to the recipient without any lost data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/592/051610875
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 08 Nov 2016 15:48
Last Modified: 21 Oct 2021 18:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147170
[thumbnail of Skripsi_-_Implementasi_metode_Store_and_Forward_pada_Sistem_Pemantauan_Pendaki_Gunung.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Implementasi_metode_Store_and_Forward_pada_Sistem_Pemantauan_Pendaki_Gunung.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_-_Implementasi_metode_Store_and_Forward_pada_Sistem_Pemantauan_Pendaki_Gunung.pdf]
Preview
Text
jurnal_-_Implementasi_metode_Store_and_Forward_pada_Sistem_Pemantauan_Pendaki_Gunung.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item