Implementasi Perilaku Taktis dan Strategis Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Finite State Machine

Wiratama, Adhitya (2016) Implementasi Perilaku Taktis dan Strategis Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Finite State Machine. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini game tidak hanya digunakan sebagai hiburan melainkan dapat juga dikombinasikan dengan pembelajaran dan permainan untuk menjadi game simulasi. Game simulasi perlu didukung oleh NPC yang taktis dan strategis agar permainan menjadi lebih realistis. Pada game simulasi perilaku ini dipengaruhi oleh decision making (pengambilan keputusan) dari NPC tersebut. Salah satu metode decision making adalah Finite State Machine. Finite State Machine menggunakan state untuk mengatur action dari NPC dan menggunakan event untuk mengatur transisi state dari NPC. Metode ini mudah diterapkan dan membutuhkan komputasi yang ringan untuk diimplementasikan pada game yang tidak terlalu kompleks. Dari hasil pengujian, dapat dikatakan bahwa metode Finite State Machine (FSM) berfungsi dengan baik pada NPC First Person Military Simulation Game dan memilki tingkat akurasi 100% karena NPC dapat menjalankan action-action yang tepat sesuai dengan perubahan atau event yang terjadi dalam game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/59/051601377
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Feb 2016 11:36
Last Modified: 21 Oct 2021 18:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147167
[thumbnail of DOKUMEN_SKRIPSI_(ADHITYA_WIRATAMA).pdf]
Preview
Text
DOKUMEN_SKRIPSI_(ADHITYA_WIRATAMA).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item