Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan Listrik Menggunakan Fitur Location Based Services Berbasis Android

HammadiWiriyo, Fahmi (2016) Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan Listrik Menggunakan Fitur Location Based Services Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Listrik merupakan suatu komoditas yang sudah menjadi kebutuhan hidup oleh semua kalangan. Bahkan kita sudah tidak bisa hidup jika tidak ada listrik. Ketika ada permasalahan listrik mati yang bisa kita lakukan hanyalah mencari listrik pengganti atau melapor ke PLN yang bertindak sebagai penyedia utama kebutuhan listrik di Indonesia. Sebagai penyedia utama kebutuhan listrik di Indonesia laporan yang masuk dalam sehari sangatlah banyak. Untuk saat ini PLN menggunakan contact center 123 sebagai media pelaporan keluhan yang utama, selain contact center 123 PLN juga dapat menerima laporan keluhan menggunakan media social yang dimiliki PLN seperti facebook, twitter, dan email sebagai media pelapor lainnya. Dalam proses bisnis pelaporan keluhan listriknya pelanggan PLN akan diminta IDPEL atau ID Pelanggan dimana laporan tersebut terjadi. IDPEL pelanggan sangat diperlukan karena alamat pelapor telah tersimpan dalam data IDPEL tersebut. Selain itu setelah melapor pelanggan listrik PLN tidak akan mendapat respon timbal balik terkait laporan yang telah dilaporkan, pelanggan hanya diminta menunggu sampai keluhan mereka ditangani. Dari beberapa masalah tersebut dibuatlah suatu sistem yang dapat menangani pencarian lokasi pelanggan secara akurat mengunakan fitur LBS yang memanfaatkan teknologi GPS yang terdapat pada mayoritas smartphone android yang ada di pasaran saat ini, serta sistem ini dapat memberi respon atau umpan balik yang diberikan pihak admin terkait progres keluhan yang telah dilaporkan oleh pelanggan. Dalam mengembangkan aplikasi, analisis kebutuhan digunakan untuk mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi sistem yang dapat menangani pencarian lokasi pelanggan secara akurat saat melakukan pelaporan dan mampu memberi umpan balik terhadap laporan yang telah dilaporkan sebelumnya. Rancangan sistem menghasilkan rancangan arsitektur, rancangan diagram aktifitas, rancangan basis data, dan rancangan antarmuka. Implementasi dibangun mengunakan bahasa pemrograman java pada platform android dengan dibantu JSON dalam melakukan pengiriman data antar server dan aplikasi android, kemudian pembuatan webservice sekaligus webadmin yang diimplementasikan menggunakan framework laravel. Pengujian yang dilakukan merupakan pengujian validasi dan usability, dimana pada pengujian validasi aplikasi pelaporan keluhan listrik dan webadmin telah memenuhi seluruh kebutuhan fungsional, dan pada pengujian usability menggunakan metode system usability scale sehingga didapatkan skor SUS sebesar 75,5. Skor SUS tersebut menunjukkan bahwa aplikasi pelaporan keluhan pelanggan listrik berbasis android dapat diterima dan digunakan dengan mudah oleh pengguna akhir.

English Abstract

Electricity is a primary commodity that has become a necessity of life. In fact we could not live if there is no electricity. When there is a power failure problems the only thing we can do is looking for backup power or report to PLN which is in charge as the main supplier of electricity needs in Indonesia. As the main supplier of electricity in Indonesia, report that comes in a day are so numerous. For now, PLN using contact center 123 as a main media for reporting any problem, but PLN may also receive complaints report using some social media owned by PLN such as facebook, twitter, and email. In the business process of reporting complaints, PLN electricity customers will be asked IDPEL or Customer ID where the report occurred. IDPEL is necessary because the address of the reporting has been stored in the IDPEL. After reporting PLN customers will not get a response related to the reports that have been reported, what the customers can do is wait until the problem solved. From some of these problems it was needed a system that can find customer locations accurately using LBS features which utilizes GPS technology found in the majority of android smartphone on the market today, and this system can give a response or feedback given by the admin related progress complaints that had been reported by customers. In developing the application, requirement analysis is used to define the requirements that must have a system that can find the customers location accurately when reporting and able to give feedback on the report that has been reported previously. The design of the system generate the architectural design, activity diagrams, database design, and interface design. Implementation is built using the Java programming language on the android platform with JSON assisted for transferring data between the server and the android app, then making a web service and webadmin page which is implemented using laravel framework. Test conducted a validation testing and usability, where the complaint reporting applications validation testing of electrical and webadmin has met all functional requirements, and the usability testing using the method to obtain the system usability scale SUS score of 75.5. SUS scores shows that electricity customer complaint reporting application based on Android can be accepted and used easily by end users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/587/051610870
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 08 Nov 2016 15:26
Last Modified: 21 Oct 2021 18:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147164
[thumbnail of Paper_Fahmi_Hammadi_W_-_125150200111018.pdf]
Preview
Text
Paper_Fahmi_Hammadi_W_-_125150200111018.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Fahmi_Hammadi_W_-_125150200111018.pdf]
Preview
Text
Laporan_Fahmi_Hammadi_W_-_125150200111018.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item