Desain Dan Implementasi Augmented Reality Katalog Garskin Laptop Sebagai Media Promosi

YogaAdeartaPratama, Arya (2016) Desain Dan Implementasi Augmented Reality Katalog Garskin Laptop Sebagai Media Promosi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Marketing atau Promosi yang baik, kreatif dan inovatif bisa menjadi kunci kesuksesan dalam pemasaran atau penjualan produk. Oleh karena itu dibutuhkan cara promosi yang baru, baik, kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan cara memanfaatkan tekonologi informasi. Yaitu salah satunya bisa dengan Augmeted Reality yang mulai dikembangkan di Indonesia dimana teknologi ini menggabungkan benda maya baik itu 2 Dimensi (2D) maupun 3 Dimensi (3D) kedalam dunia nyata kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi ini bisa menjadi cara baru yang baik dalam mempromosikan produknya kepada pelanggan. Garksin laptop merupakan skin protektor casing laptop, sehingga laptop aman dari debu dan goresan. Selain itu laptop pun juga terlihat lebih cantik dan menarik. Penjualan garskin telah banyak dilakukan, namun masih mempromosikan dengan cara yang biasa saja seperti pada umumnya. Oleh karena itu dibuatlah Augmented Reality Katalog Garskin sebagai media mempromosikan garskin kepada pelanggan atau bisa disebut juga dengan AR-Garskin. Aplikasi ini bersifat mobile, dibuat dengan bahasa pemerograman C# dengan bantuan aplikasi unity 3D. Tujuan dari pembuatan aplikas ini memberikan cara baru kepada penjual dalam memperomosikan garskin dan mengetahu tingkat kepuasan pengguna dalam menjalankan aplikasi ini. Pengujian aplikasi ini menggunanakan metode blackbox testing, pengujian akurasi jarak marker, pengujian besar sudut marker dan pengujian usabillity. Hasil dari pengujian aplikasi ini yaitu aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang tersedia, jarak yang baik untuk mendeteksi marker yaitu 35-40cm dengan sudut 20° - 90° dan menurut dari kuesioner yang telah diisis oleh pengguna, aplikasi AR-Garskin ini baik dan layak untuk dikembangkan.

English Abstract

Good marketing or promotion, creative and innovative could be the key to success in marketing or product sales. Therefore, it needs a new way of promotion, good, creative and innovative. One of them by utilizing information technology. Augmeted Reality is a technology that was developed in Indonesia where this technology combines virtual objects either two-dimensional (2D) and three dimensional (3D) into the real world and then projecting the virtual objects in real time. This technology could be a good new way to promote their products to customers. Garksin laptop is a skin protector laptop casing, so the laptop safe from dust and scratches. Besides the laptop was also looks more beautiful and attractive. Sales garskin have been done, namu still promoting the usual way just like in general. Therefore made Augmented Reality Garskin catalog as a medium to promote garskin to the customer or can be referred to as AR-Garskin. This application is mobile, made with pemerograman language C# with unity 3D application assistance. The purpose of this aplikas provide new ways for sellers in promoting garskin. This application testing menggunanakan blackbox testing method, testing the accuracy of the distance marker, a large corner marker testing and testing usabillity. The results of testing this application is an application can be run in accordance with the functions available, a good distance to detect the marker is 35-40cm with an angle of 20 ° - 90 ° and according to the questionnaire that has been diisis by the user, the application AR-Garskin this good and decent to be developed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/582/051610865
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 08 Nov 2016 14:03
Last Modified: 21 Oct 2021 18:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147159
[thumbnail of JURNAL_DESAIN_DAN_IMPLEMENTASI_AUGMENTED_REALITY_KATALOG_GARSKIN_LAPTOP_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_DESAIN_DAN_IMPLEMENTASI_AUGMENTED_REALITY_KATALOG_GARSKIN_LAPTOP_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DESAIN_DAN_IMPLEMENTASI_AUGMENTED_REALITY_KATALOG_GARSKIN_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI.pdf]
Preview
Text
DESAIN_DAN_IMPLEMENTASI_AUGMENTED_REALITY_KATALOG_GARSKIN_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item