Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Surat Masuk Dan Surat Keluar (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten Kediri)

LisnawidyaVerdikawati, Alvita (2016) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Surat Masuk Dan Surat Keluar (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang dibahas adalah mengenai bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten Kediri, dan juga kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem infromasi manajemen pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten kediri sehingga dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar menjadi lebih mudah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Kejaksaan Negeri Ngasem bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar, hal ini dapat dilihat dari kemampuan mengelola surat masuk, membuat dan mengirim surat keluar dengan cepat dan tepat tujuan. Meskipun masih terdapat kekurangan diantaranya kadang masih ada surat yang kelewatan diarsipkan akibat masih ada surat yang lupa diserahkan ke pengelola surat dari bidang yang menjadi tujuan surat. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil dari pengujian fungsional menggunakan pendekatan kotak hitam (black-box) pada 10 kasus uji yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% sistem valid ketika diuji dengan kasus tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi aplikasi ini telah sesuai dengan persyaratan fungsional sistem yang telah didefinisikan dalam proses perancangan. Sedangkan hasil pengujian usability dari poin 1 sampai 5 menunjukkan angka rata-rata 4,3 atau setara dengan 86% yang berarti tingkat usability sistem informasi pengelolaan surat ini tinggi menurut user

English Abstract

Issues discussed is about how procedure management a letter in and a letter out on attorney office ngasem kabupaten kediri, and also kendala-kendala what faced in management a letter in and a letter out.The data collection was done by observation and interview.The purpose of this research is to build a system infromasi the management of a letter in and a letter out in attorney office ngasem kabupaten kediri so in the management of a letter in and a letter out easier. This research result indicates that the management of a letter in and a letter out on attorney office ngasem it can be said run well and smoothly , this can be seen from the ability manage a letter in , makes and sent a letter out with quickly and correctly the purpose.Although still there is a shortage of are sometimes there are still a letter much diarsipkan due to still there was a who forgot submitted to the management a letter of fields are become the destination of the letter.Based on tests carried out , the result of testing functional adopting a black box ( black-box in 10 cases test done shows that 100 % system valid when tested by some cases .This indicates that function this program has been in accordance with the regulations functional a system that has been defined in the design process .While the results of testing usability of the points of 1 to 5 shows to the average 4.3 or equivalent to 86 % which means level usability management information system this letter high according to user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/571/051610854
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 21 Nov 2016 11:34
Last Modified: 21 Oct 2021 18:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147147
[thumbnail of JURNAL_ALVITA_LISNAWIDYA_V.pdf]
Preview
Text
JURNAL_ALVITA_LISNAWIDYA_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Alvita_Lisnawidya_0910963067.pdf]
Preview
Text
Alvita_Lisnawidya_0910963067.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item