Evaluasi User Experience pada Game Dota 2 Menggunakan Cognitive Walkthrough

HallasanSibarani, Anthony (2016) Evaluasi User Experience pada Game Dota 2 Menggunakan Cognitive Walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permainan adalah objek yang terdiri dari beberapa komponen dan aturan serta memiliki beberapa kriteria seperti aturan, tujuan, arah yang selalu berubah, kesempatan, kompetisi, berbagi pengalaman, kesamaan atau kesetaraan, kebebasan, aktivitas, menyelami dunia dari permainan tersebut dan tidak memiliki dampak pada kenyataan. Tampilan pada game digital, atau disebut juga game interface, adalah bagian dari game yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan game tersebut. Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi usability berbasis teori untuk interface. Metode ini digunakan untuk menemukan masalah dan menghasilkan proposal tentang penyebabnya. Cognitive Walkthrough yang sebenarnya ditujukan untuk mengevaluasi interface yang sederhana atau non-kompleks seperti tampilan interface pada mesin ATM sekarang juga digunakan untuk mengevaluasi User interface dari tampilan yang lebih kompleks seperti pada tampilan grafik interface bagi sistem operasi UNIX atau tampilan untuk sistem pendukung penjualan. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan teori Cognitive Walkthrough sebagai metode untuk menemukan masalah pada interface untuk permainan Dota 2. Hasil yang didapatkan adalah tampilan interface dari permainan Dota 2 memiliki nol masalah pada peringkat masalah 1 dan satu untuk masalah dengan peringkat masalah 2. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan nilai yang telah diperoleh maka tampilan interface dari permainan Dota 2 sudah baik.

English Abstract

Game is an object which composed of some component and rules also contained some criteria like rules, destination, ever changing direction, chance, competition, experience sharing, equality, freedom, activity, dive into the game world and have no effect at all in the real world. Interface on digital game, also called as game interface, is part of the game which allow the user to interact with the game. Cognitive Walkthrough is a theory based usability evaluation method for interface. This method is used to discover the problem and generate a proposal about the cause. Cognitive Walkthrough actually meant to evaluate simple interface or non complex like interface on ATM machine, but now Cognitive Walkthrough also used to evaluate more complex interface like graphic interface for UNIX operating system or selling support system interface. Cognitive Walktrhough also considered to be used on by application developer without any special knowledge about cognitive theory or human computer interaction (HCI). The result found said that Dota 2 interface have zero problem on problem seriousness 1 and one problem on problem seriousness 2. So the conclusion based on the value aquired is that the interface for Dota 2 is good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/568/051610851
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 21 Nov 2016 11:21
Last Modified: 21 Oct 2021 17:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147142
[thumbnail of [SKRIPSI]_0910960026_-_ANTHONY_HALLASAN_SIBARANI.pdf]
Preview
Text
[SKRIPSI]_0910960026_-_ANTHONY_HALLASAN_SIBARANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of [JURNAL]_0910960026_-_ANTHONY_HALLASAN_SIBARANIi.pdf]
Preview
Text
[JURNAL]_0910960026_-_ANTHONY_HALLASAN_SIBARANIi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item