Rancang bangun presensi online pada perangkat bergerak dilengkapi fitur lokasi dan foto (Studi Kasus : SMK Negeri 1 Bangil)

Rahayu, KurniaDwiAgustin (2016) Rancang bangun presensi online pada perangkat bergerak dilengkapi fitur lokasi dan foto (Studi Kasus : SMK Negeri 1 Bangil). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendataan presensi siswa merupakan satu bagian dari kebutuhan pada sistem sekolah untuk mengelola dan melakukan monitoring kehadiran seorang siswa setiap harinya. Selain itu, pendataan presensi siswa merupakan informasi guna mengetahui tingkat kedisiplinan seorang siswa. Selama ini, kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 1 Bangil belum menggunakan pendataan presensi kehadiran di setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama kegiatan PKL berlangsung. Hal tersebut menjadi kendala bagi pihak sekolah terutama guru pembimbing PKL karena kurangnya sumber daya untuk memastikan siswa tersebut benar-benar berada di lokasi PKL yang bersangkutan atau tidak. Selain itu, guru pembimbing juga tidak dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama kegiatan PKL. Maka dari itu, dalam penelitian ini, dibuat sistem presensi online berbasis perangkat bergerak yang dilengkapi fitur lokasi dan foto untuk mempermudah guru pembimbing dalam melakukan pemantauan terhadap siswanya dan juga mempermudah siswa dalam melakukan presensi. Foto hanya bisa diambil secara real-time. Fitur lokasi dengan menggunakan GPS locator untuk mencari lokasi. Jika perangkat bergerak milik siswa tidak memiliki GPS locator, maka siswa dapat menggunakan jaringan wifi agar lokasi siswa tetap terdeteksi. Aktivitas model proses bisnis pada presensi online berbasis perangkat bergerak digambarkan dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) dan pengujian usability yang diuji dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), pada pengujian usability diperoleh rata-rata skor SUS 97,0 yang menyatakan bahwa sistem presensi online termasuk dalam kategori acceptable yang berarti bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/518/051608780
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Sep 2016 11:14
Last Modified: 21 Oct 2021 17:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147089
[thumbnail of Skripsi_-_Kurnia_Dwi_Agustin_Rahayu.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Kurnia_Dwi_Agustin_Rahayu.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Journal_Semhas_Kurnia.pdf]
Preview
Text
Journal_Semhas_Kurnia.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item