Penentuan Penerimaan Siswa Baru Di SMA Negeri 1 Menthobi Raya Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

Rohman, Arip (2016) Penentuan Penerimaan Siswa Baru Di SMA Negeri 1 Menthobi Raya Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan wadah bagi generasi penerus bangsa ini untuk menuntut ilmu. Dimana pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas dan berakhlak baik. Sekolah merupakan institusi pendidikan yang menerapkan sistem pembinaan yang bersifat mengembangkan potensi para siswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Pada tahun ajaran baru setiap sekolah akan melakukan seleksi untuk menentukan penerimaan siswa baru. Seleksi digunakan untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki calon siswa baru. Dalam menentukan penerimaan siswa baru sekolah memiliki banyak kriteria yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan siswa yang diterima atau tidak, keterbatasan waktu untuk melakukan seleksi dan banyaknya calon siswa baru yang mendaftar, menjadi kesulitan tersendiri bagi pihak sekolah. Oleh karena itu, penulis ingin membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat sistem penentuan penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Menthobi Raya menggunakan metode fuzzy analytical hierarchy process (F-AHP). Dari hasil perbandingan data manual dari pihak sekolah dengan data keluaran sistem memiliki akurasi 91,83%, kemudian dilakukan dua pengujian pengaruh nilai matriks perbandingan berpasangan terhadap akurasi dengan menghasilkan 92,86% pada skenario pengujian pertama dan 94,89% pada skenario pengujian kedua. Dengan demikian akurasi yang digunakan adalah skenario pengujian kedua dengan akurasi 94,89%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/413/051608479
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Sep 2016 15:57
Last Modified: 21 Oct 2021 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146974
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_SMA_N_1_Menthobi_Raya_new.pdf]
Preview
Text
Jurnal_SMA_N_1_Menthobi_Raya_new.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item