Septiningtyas, Christina (2016) Evaluasi Kematangan Manajemen Layanan Sistem Informasi Pada PT. Kutai Timber Indonesia Kota Probolinggo Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL Versi 3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Kutai Timber Indonesia (KTI) Probolinggo memiliki aplikasi salah satunya sistem layanan SyteLine Purchase yang menyediakan informasi pembelian pada tiap bagian salah satunya bagian IT yang dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam membuat keputusan, mendukung integritas data, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis yang dilakukan. Hasil pengamatan, layanan SyteLine Purchase telah beroperasi dengan prinsip membantu memberikan informasi yang mengatur seluruh aktivitas pembelian pada bagian IT, Umum, purchasing Logistik, PB, Log rimba, log jawa, shipping, sawmill, disini penulis akan membahas layanan syteline purchase salah satunya bagian IT. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, masih belum berjalannya pengelolaan layanan IT secara maksimal yang memberikan dampak pada operasional perusahaan, seperti pengelolaan dan pemeliharaan layanan IT untuk kegiatan operasional harian yang sudah diterapkan belum adanya dokumen resmi yang dimonitoring serta dilakukan evaluasi, belum adanya dokumen untuk pengembangan layanan dikarenakan selama ini layanan yang digunakan sudah cukup memenuhi kebutuhan operasional perusahaan, sehingga belum adanya pengelolaan sistem secara terstruktur dan terus–menerus dilakukan monitoring. Berdasarkan permasalahan ini, maka diperlukan sebuah mekanisme kontrol atau evaluasi terhadap teknologi informasi yang digunakan. Evaluasi yang dilakukan meliputi tindakan pengukuran tingkat kematangan (maturity level) pada operasi layanan dan perbaikan layanan berdasarkan framework ITIL versi 3, yang menghasilkan kesenjangan, menganalisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) yang ada dan rekomendasi untuk peningkatan manajemen layanan. Untuk mengukur tingkat kematangan pada layanan Syteline Purchase dilakukan penyebaran kuisioner, wawancara dengan staff pengelola layanan, dan pengamatan terhadap sistem. Tingkat kematangan pada domain SO dan CSI saat ini berada pada level 3 dari skala 0 sampai 5 yang tersedia. Sedangkan untuk tingkat kematangan yang diharapkan oleh Bagian IT berada pada level 4 sampai 5 dari skala 0 sampai 5. Dengan acuan tingkat kematangan yang ada saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Bagian IT untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Rekomendasi yang diberikan untuk Bagian IT antara lain dengan melakukan pengembangan pada layanan dan membuat dokumentasi pemeliharaan serta melaksanakan proses – proses manajemen layanan yang ada pada domain SO dan CSI berupa prosedure dalam melakukan pengukuran dan memonitor prosedure yang ada sehingga mudah menganalisa kemungkinan resiko dan penyimpangan yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2016/386/051607039 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 14:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 14:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146943 |
Preview |
Text
EVALUASI_KEMATANGAN_MANAJEMEN_LAYANAN_SISTEM_INFORMASI_PT_KUTAI_TIMBER_INDONESIA_KOTA_PROBOLINGGO.pdf Download (11MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_EVALUASI_KEMATANGAN_MANAJEMEN_LAYANAN_SISTEM_INFORMASI_PT_KUTAI_TIMBER_INDONESIA_KOTA_PROB.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |