Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Teladan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto – Wheighted Product

Nurpermadi, MuhamadAri (2016) Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Teladan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto – Wheighted Product. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi sekarang ini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk memperoleh informasi dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan potensi dan memberikan sifat memotivasi para siswa adalah dapat melalui pemilihan siswa teladan. Banyaknya siswa di SMPN 1 Wates untuk menyeleksi siswa yang teladan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil dari pemilihan satu persatu untuk mengetahui siapa siswa yang teladan di sekolah tersebut. Sehingga pihak waka kesiswaan kesulitan untuk menentukan dalam waktu singkat, yang mengakibatkan terlambatnya pengumuman hasil siswa teladan. Dari permasalahan yang timbul penulis ingin mengembangkan sebuah aplikasi pemodelan sistem pendukung keputusan dalam menentukan siswa teladan yang secara cepat, tepat, adil dan efisien pada SMPN 1 Wates. Sehingga dipilihlah metode Fuzzy Tsukamoto – wheighted Product untuk penentuan siswa teladan. Dari analisis tersebut maka dibuatlah pemodelan sistem pendukung keputusan penentuan siswa teladan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto – wheighted Product Dalam penelitian ini terdapat dua pengujian, yaitu pengujian fungsional dan pengujian akurasi. Dari hasil pengujian fungsional telah menunjukkan kesesuaian dan keberhasilan. kemudian pada pengujian akurasi didapatkan nilai sebesar 88.23%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/354/051606604
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:08
Last Modified: 21 Oct 2021 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146908
[thumbnail of skripsi_Muhamad_Ari_Nurpermadi.pdf]
Preview
Text
skripsi_Muhamad_Ari_Nurpermadi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_PEMODELAN_SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_MENENTUKAN_SISWA_TELADAN_MENGGUNAKAN_METODE__FUZZY_TSUKAMOTO.pdf]
Preview
Text
jurnal_PEMODELAN_SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_MENENTUKAN_SISWA_TELADAN_MENGGUNAKAN_METODE__FUZZY_TSUKAMOTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item