Optimasi Penjadwalan Pengawas Ujian Semester Menggunakan Hibridasi Algoritma Genetika dan Simulated Annealing (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Avicena, Almas (2016) Optimasi Penjadwalan Pengawas Ujian Semester Menggunakan Hibridasi Algoritma Genetika dan Simulated Annealing (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinamisnya aturan kurikulum pendidikan tidak dapat dihindari, hal tersebut berpengaruh pada penjadwalan pengawas ujian. Di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya penjadwalan pengawas ujian masih dilakukan secara manual sehingga pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan rentan mengalami human error. Sehingga dibutuhkan penjadwalan otomatis yang dapat menghasilkan jadwal dengan pelanggaran constraint seminimal mungkin. Permasalahan penjadwalan pengawas ujian dapat diselesaikan menggunakan hibridasi algoritma genetika dan simulated annealing (GA-SA). Penggabungan kedua algoritma ini bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan SA dan menutupi kekurangan GA dengan harapan solusi yang dihasilkan menjadi lebih optimal. GA dikenal karena pencariannya yang luas namun sering terperangkap pada local optimum sehingga membutuhkan SA untuk mengeluarkan solusi dari local optimum sehingga solusi diharapkan mendekati global optimum. SA pun dapat memanfaatkan kelebihan GA karena pencarian pada algoritma SA hanya terfokus pada satu solusi terbaik saat ini dan tidak mempertimbangkan solusi terdahulu, padahal terdapat kemungkinan solusi terbaik didapat dari solusi terdahulu. Dengan GA akan didapatkan beberapa pilihan solusi yang dapat diproses pada perulangan selanjutnya. Hasil jadwal terbaik didapatkan dengan parameter popsize bernilai 95, generasi bernilai 5000, cr bernilai 0.5, mr bernilai 0.5, β bernilai 0.9, Tawal bernilai 100 dan Takhir bernilai 10 mampu menghasilkan jadwal pengawas ujian dengan nilai fitness 0.941. GA-SA terbukti mampu mengoptimasi GA murni secara signifikan, hal ini ditandai dengan jadwal pengawas ujian yang dihasilkan GA-SA memiliki nilai fitness yang cenderung lebih baik daripada jadwal pengawas ujian yang dihasilkan oleh GA murni. Selain sistem dengan GA-SA mampu menghasilkan jadwal pengawas ujian yang lebih baik dari segi kualitas maupun waktu pengerjaan dibandingkan perancangan jadwal pengawas ujian yang dilakukan secara manual. Jadwal pengawas ujian yang disusun secara manual memiliki nilai fitness 0.928 dengan waktu pengerjaan selama satu minggu, sedangkan jadwal pengawas ujian hasil GA-SA memiliki nilai fitness 0.941 dengan waktu komputasi selama 43 menit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/334/051606584
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Aug 2016 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 08:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146887
[thumbnail of Paper_PDF.pdf]
Preview
Text
Paper_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_FIX.pdf]
Preview
Text
Skripsi_FIX.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item