Penggunaan Pid (Proportional, Integral, Derivative) Untuk Sistem Kendali Attitude Pada Uav (Unmanned Aerial Vehicle) Quadcopter

Firdaus, AchmadHilmy (2016) Penggunaan Pid (Proportional, Integral, Derivative) Untuk Sistem Kendali Attitude Pada Uav (Unmanned Aerial Vehicle) Quadcopter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan salah satu kendaraan udara tanpa awak yang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. UAV dapat digunakan dalam bidang militer seperti menggambarkan lokasi musuh dengan melihat melalui sensor yang ada di dalam pesawat. Selain itu UAV juga digunakan untuk foto udara dan video udara, sebagai sarana pemantauan wilayah bencana, membuat peta bangunan, memantau kepadatan lalu lintas, dan pencarian korban bencana. Dalam pengembangan UAV, bagian paling penting adalah mengatur Attitude dari UAV. Attitude merupakan sikap terbang yang terdapat pada UAV Quadcopter yang berupa sumbu koordinat x, y dan z, Salah satu jenis UAV yang memerlukan Controller Attitude adalah Quadcopter, karena quadcopter yang baru dirakit biasanya rawan dengan insiden kecelakaan. Untuk mendapatkan quadcopter yang dapat terbang dengan stabil maka diperlukan metode untuk menstabilkan attitude quadcopter. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan stabilitas terbang quadcopter dengan attitude yang stabil dengan menggunakan PID Ziegler-Nichols. Input data yang diperoleh dari nilai sensor yang ada pada flight controller yang berupa gyro, accelerometer, dan barometer, untuk data terbang quadcopter akan dikirim ke ground station untuk dianalisa hasilnya. Dari pengujian yang dilakukan menunjukan hasil control PID yaitu, Controller Roll memiliki nilai Kp sebesar 0.15 dan Ki sebesar 0.3 sedangkan Kd sebesar 0.03 untuk tingkat error berada pada 3o, dan juga waktu steady state 7 detik. Untuk Controller Pitch memiliki nilai Kp sebesar 0.15 dan Ki sebesar 0.3 sedangkan Kd sebesar 0.03 untuk tingkat error berada pada 2o, dan juga waktu steady state 7 detik. Sedangkan untuk Controller Yaw memiliki nilai Kp sebesar 0.3 dan Ki sebesar 0.12 sedangkan Kd sebesar 0.18 untuk tingkat error berada pada 25o, dan juga waktu steady state 7 detik. Quadcopter dapat menjaga attitude sesuai dengan yang diharapkan oleh user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/319/051605962
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2016 14:58
Last Modified: 21 Oct 2021 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146870
[thumbnail of M_Fikri_Nusantara_105090600111044(Jurnal).pdf]
Preview
Text
M_Fikri_Nusantara_105090600111044(Jurnal).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of M_Fikri_Nusantara_105090600111044(Skripsi).pdf]
Preview
Text
M_Fikri_Nusantara_105090600111044(Skripsi).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item