Rancang Bangun Digital Book Reader Berbasis Android Dengan Keamanan Data Rivest Shamir Adleman Encryption Dan Advanced Encryption Standard

Dika, MFaizalSukma (2016) Rancang Bangun Digital Book Reader Berbasis Android Dengan Keamanan Data Rivest Shamir Adleman Encryption Dan Advanced Encryption Standard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak bacaan digital seperti jurnal , buku elektronik, novel digital, resume penelitan yang menyebar secara massif di internet. Jika konten tersebut merupakan konten bebas, tidak akan menjadi masalah berarti tentang isu pembajakan. Namun, jika konten tersebut merupakan konten terbatas atau dilindungi oleh penulis tapi tersebar luas di internet hal ini akan menjadi masalah yang bisa dikaitkan dengan pembajakan karena masalah hak distribusi dan hak cipta yang telah terlanggar. Masih sedikit aplikasi pembaca buku digital yang melindungi penyebarluasan bacaan digital contohnya adalah Google Play Book dan iTunes yang keduanya merupakan aplikasi lingkungan mobile. Dengan demikian, perlu dikembangkan aplikasi mobile alternatif untuk menekan pembajakan/ distribusi illegal. Dengan menggunakan teknologi kriptografi AES dan RSA diharapkan aplikasi ini menawarkan keamanan ekstra atas penyebaran bacaan digital. Pengembangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan IDE Eclipse. Cara kerja aplikasi ini yaitu pengguna mendownload buku digital yang disediakan server dan dapat membacanya saat buku selesai terunduh . Aplikasi diam-diam melindungi aktivitas dan keamanan data dengan kriptografi. Dari pengujian dengan menggunakan white-box dapat disimpulkan unit modul dari aplikasi telah memenuhi kebutuhan fungsional. Pada pengujian validasi dapat disimpulkan bahwa implementasi dan fungsionalitas aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan. Pada pengujian performa respon kriptografi cukup memuaskan jika mengacu pada APDEX. Pada pengujian security tingkat collision key pada kriptografi AES 0% , Komunikasi aplikasi menuju server bebas dari sniffing attack. Pada pengujian authority, pembajakan dengan penyebarluasan konten digital sesama user tidak dapat terjadi. Dan terakhir pada pengujian recoverability, kriptografi tidak merubah konten asli dan bacaan digital asli terenkripsi dapat dikembalikan ke bentuk semula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/3/051601321
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2016 12:37
Last Modified: 21 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146848
[thumbnail of Laporan_Syam.pdf]
Preview
Text
Laporan_Syam.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_-_Syam_Julio_A._Sarosa_-_125150200111154.pdf]
Preview
Text
Jurnal_-_Syam_Julio_A._Sarosa_-_125150200111154.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item