Evaluasi Maturitas Manajemen Layanan Sistem Informasi Monitoring Pada Divisi EDP (Electronic Data Processing) Pabrik Gula Krebet Baru Malang Berdasarkan Pada Framework Itil Versi 3

Kurniawan, Luqman (2016) Evaluasi Maturitas Manajemen Layanan Sistem Informasi Monitoring Pada Divisi EDP (Electronic Data Processing) Pabrik Gula Krebet Baru Malang Berdasarkan Pada Framework Itil Versi 3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pabrik Gula Krebet Baru Malang memiliki suatu sistem yang dapat mempermudah jalannya proses bisnis di perusahaan, sistem itu bernama Sistem Informasi Monitoring (SIM). SIM berfungsi untuk memonitoring aktivitas – aktivitas yang ada di Pabrik Gula Krebet Baru Malang, mulai dari masuknya truk tebu ke pabrik, hingga proses penggilingan tebu, SIM membantu perusahaan dalam hal pencatatan proses masuknya truk tebu ke dalam emplasemen, jumlah berat tebu yang sudah digiling, dan memonitoring kualitas tebu pada saat proses pengolahan tebu menjadi gula. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Kepala Divisi EDP (Electronic Data Processing), keluhan dari operator SIM adalah kurang cepatnya penanganan Divisi EDP saat terjadi masalah dengan SIM. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah tejadinya error pada Scanner RFID (Radio Frequency Identification) yang digunakan di Pos Gawang atau Pos Penerimaan, sehingga menghambat layanan SIM. Oleh karena itu diperlukan audit manajemen layanan pada SIM di Pabrik Gula Krebet Baru Malang dengan menggunakan kerangka kerja ITIL versi 3 dengan domain Service Operation (SO) dan Continual Service Improvement (CSI) agar diketahui nilai kematangannya. Hasil perhitungan tingkat kematangan pada domain SO adalah 1,98 dan domain CSI adalah 1,90, nilai harapan pada domain SO adalah 3,14 dan domain CSI adalah 3,00. Sedangkan nilai kesenjangan pada domain SO adalah 1,16 dan domain CSI adalah 1,10. Berdasarkan tingkat kematangan, harapan, kesenjangan, serta analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Opportunity, Threat) maka diberikan rekomendasi yang dapat digunakan untuk membantu Divisi EDP mencapai nilai kematangan yang diharapkan. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan melaksanakan proses – proses manajemen layanan yang ada pada domain SO dan CSI serta membuat dokumentasi pada proses manajemen layanan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/256/051604681
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Aug 2016 14:32
Last Modified: 21 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146800
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item