Pengukuran Tingkat Kematangan Kualitas Layanan Portal Aplikasi Berdasarkan Kerangka Kerja Information Technology Infrastructure Library (Itil) Versi 3 (Studi Kasus: Divisi Sim Pdam Kota Malang)

Bintoro, RochmadNurdin (2016) Pengukuran Tingkat Kematangan Kualitas Layanan Portal Aplikasi Berdasarkan Kerangka Kerja Information Technology Infrastructure Library (Itil) Versi 3 (Studi Kasus: Divisi Sim Pdam Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PDAM Kota Malang memiliki layanan Portal Aplikasi yaitu sebuah sistem yang berisi banyak aplikasi untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan, seperti keuangan, work order, pemantauan kerja aplikasi, dsb. Tetapi masih banyak beberapa kesalahan yang terjadi dalam penggunaan layanan Portal Aplikasi diantaranya masih belum menyeluruhnya standart operasional prosedur untuk penggunaan aplikasi serta proses lainya yang belum tertata dengan baik, sehingga layanan Portal Aplikasi kurang efektif dan efisian seperti yang di inginkan. Oleh karena ini perlu dilakukan audit layanan Portal Aplikasi, menganalisis kesenjangan hasil audit, serta membuat rekomendasi untuk proses perbaikan tata kelola TI dalam jangka panjang. Pengukuran tingkat kematangan pada layanan Portal Aplikasi dianalisis dengan wawancara, observasi serta kuesioner. Dari hasil analisis pada dua domain yang ada pada ITIL yaitu Service Operation dan Continual Service Improvement, diketahui tingkat kematangan saat ini berada pada rata-rata 1,91 dan 2,4 dari skala 0 hingga 5. Sedangkat tingkat kematangan yang diharapkan oleh PDAM Kota malang berada pada skala 3 hingga 5 dari skala 0 hingga 5. Berdasarkan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu PDAM Kota Malang untuk mencapat tingkat kematangan yang diharapkan. Adapun beberapa rekomendasi yang diberikan yaitu dengan membuat dokumentasi berupa manual prosedur dari setiap aplikasi yang ada dan melakukan pengukuran serta memonitoring prosedur yang ada sehingga mudah di perbaiki ketika terjadi kesalahan, serta memberi pelatihan kepada seluruh staff pada Divisi SIM PDAM Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/254/051604579
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2016 14:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146798
[thumbnail of FIX_v2.pdf]
Preview
Text
FIX_v2.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item