Audit Manajemen Layanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Aplikasi E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kabupaten Nganjuk Menggunakan Kerangka

FatekaDp, Yayi (2016) Audit Manajemen Layanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Aplikasi E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kabupaten Nganjuk Menggunakan Kerangka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk memiliki Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Aplikasi e-KTP. Untuk menjamin penyelenggara publik menyelenggarakan sistem informasi elektronik secara andal, aman, dan bertanggung jawab, pada tahun 2012 Menteri Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang “Pedoman Umum Audit Sistem Elektronik Penyelenggara Pelayanan Publik”. Oleh karena itu, diperlukan nilai kematangan SIAK dan Sistem Aplikasi e-KTP dengan melakukan audit manajemen layanan terhadap SIAK dan Sistem Aplikasi e-KTP menggunakan kerangka kerja ITIL versi 3 pada dua domain terakhir yaitu Service Operation (SO) dan Continual Service Improvement (CSI). Hasil perhitungan tingkat kematangan adalah 1,70 pada domain SO dan 1,34 pada domain CSI. Kemudian rata-rata nilai harapannya adalah 3,10 untuk domain SO dan 2,61 untuk domain CSI. Sedangkan rata-rata nilai kesenjangannya adalah 1,40 untuk domain SO dan 1,27 untuk domain CSI. Berdasarkan nilai tingkat kematangan, harapan, serta kesenjangan maka diberikan beberapa rekomendasi yang dapat digunakan untuk membantu Dispendukcapil dalam mengurangi adanya kesenjangan dan mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Rekomendasi-rekomendasi yang diberikan adalah dengan melaksanakan serta membuat dokumentasi atas proses-proses manajemen layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/251/051604676
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Aug 2016 14:56
Last Modified: 21 Oct 2021 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146795
[thumbnail of SKRIPSI_-_YAYI__76.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_YAYI__76.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item