Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia

Chandra, NivaIftitah (2016) Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia membuat instansi baik pemerintah maupun swasta mencoba meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi berbasis mobile. Seperti pada bidang perbankan, hampir seluruh instansi perbankan telah menerapkan layanan berupa aplikasi mobile yang disebut mobile banking. Aplikasi mobile banking merupakan suatu terobosan dari instansi perbankan untuk membantu dan mempermudah akses pengguna atau nasabah Bank yang ingin melakukan transaksi tanpa harus mendatangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun Bank. Namun, dari aplikasi mobile banking yang telah ada, masih banyak kekurangan yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna pada aplikasi mobile banking berbagai Bank di Indonesia secara subjektif dan objektif. Aplikasi mobile banking yang dievaluasi, antara lain: BCA Mobile, BNI SMS Banking, BRI Mobile dan Mandiri Mobile pada platform Android. Data yang digunakan dalam penelitian adalah 20 untuk evaluasi subjektif dengan memberikan kuesioner tahap 2 kepada peserta kuesioner. Sedangkan 12 data digunakan untuk evaluasi objektif dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta uji. Hasil perbandingan yang diperoleh dari nilai subjective rate terlihat bahwa aplikasi BNI SMS Banking memperoleh peringkat pertama. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi BNI SMS Banking memiliki tingkat User Experience secara subjektif paling baik. Hasil perbandingan dari evaluasi secara objektif dapat diketahui bahwa BCA Mobile merupakan aplikasi mobile banking paling efektif. Sedangkan Mandiri Mobile adalah aplikasi mobile banking paling efisien. Hasil dari evaluasi subjektif dan objektif diperoleh dari 32 responden (mahasiswa dan karyawan) yang berada di area PTIIK Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang dan perkantoran di sekitar kedua kampus tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/22/051601340
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2016 08:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146760
[thumbnail of Evaluasi_Pengalaman_Pengguna_(User_Experience)_pada_Aplikasi_Mobile_Banking_berbagai_Bank_di_Indonesia.pdf]
Preview
Text
Evaluasi_Pengalaman_Pengguna_(User_Experience)_pada_Aplikasi_Mobile_Banking_berbagai_Bank_di_Indonesia.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item