Rancang Bangun Aplikasi Mobile Panduan Ibadah Haji Dan Umroh Dengan Fitur Penunjuk Jalan Pulang Memanfaatkan Google Map Api Berbasis Android

Prayogo, HaryoSarwo (2016) Rancang Bangun Aplikasi Mobile Panduan Ibadah Haji Dan Umroh Dengan Fitur Penunjuk Jalan Pulang Memanfaatkan Google Map Api Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ibadah Haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima. Bagi muslim yang mampu adalah wajib untuk melaksanakannya. Sedangkan umroh adalah ibadah sunnah yang bisa dilaksanakan kapanpun bagi orang muslim. Setiap tahun jamaah haji dari Indonesia mencapai ratusan ribu yang melaksanakannya, sedangkan ibadah umroh setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Banyaknya jamaah haji dan umrah yang tersesat bisa membuat panik jamaah dan membuat bingung ketika ingin kembali ke pemondokkan. Hal seperti ini bisa membuat bingun petugas haji indonesia, karena harus mengantar satu-persatu jamaah kembali ke pemondokkan. Kepala Perlindungan Jamaah di Mina, Maskat Alimasdar menjelaskan hingga Kamis 24 September 2015 malam pihaknya mencatat 332 laporan jamaah yang tersesat pada hari pertama melontar jumrah[sindownews,2015]. Saat ini masyarakat banyak yang menggunakan smartphone untuk keperluan sehari-hari. Khususnya smartphone yang berbasis android. Dengan memanfaatkan platform android yang merupakan generasi baru platform mobile, platform yang memberikan pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkan. Kita dapat memanfaatkannya diberbagai bidang, salah satunya adalah panduan ibadah haji dan umroh berbasis mobile. Dengan menambahkan fitur jalan pulang menggunakan google map yang sesuai dengan kondisi dimana jamaah akan melaksankan ibadah haji dan umroh akan memudahkan jamaah dalam beribadah. Fitur ini dapat juga digunakan bila jama’ah tersesat dan ingin kembali ke hotel atau pemondokan. Banyak diantara jama’ah ketika berbelanja atau keluar dari penginanapan kesulitan untuk kembali pulang. Ini dikarenakan jama’ah tidak hafal betul dengan lingkungan di sana. Dengan fitur map, jamaah dapat menemukan rute untuk kembali pulang ke penginapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/204/051601522
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Mar 2016 11:53
Last Modified: 21 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146743
[thumbnail of HARYO_SARWO_P.pdf]
Preview
Text
HARYO_SARWO_P.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item