Rancang Bangun Rhythm Game Sebagai Sarana Belajar Bermain Gitar

Kambodji, AlphiannoSteady (2016) Rancang Bangun Rhythm Game Sebagai Sarana Belajar Bermain Gitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah rhythm game yang menerima input audio dari gitar dan dapat dikendalikan menggunakan input tersebut. Game ini kemudian dapat digunakan sebagai alat bantu untuk belajar bermain gitar. Perancangan game dibantu dengan DPE framework, dan diimplementasikan menggunakan game engine Unity. Fitur utama dari game ini adalah deteksi frekuensi nada dengan mengimplementasikan fungsi yang telah tersedia dan terintegrasi dalam game engine. Pengujian game menggunakan blackbox testing dengan metode kombinatorial dan test flow diagram, whitebox testing dengan metode basis path testing, serta playtesting dengan melibatkan beta tester/playtester. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan game engine Unity, sebuah rhythm game yang menerima input audio dapat dirancang dan diimplementasikan dengan baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game berjalan dengan baik dari segi teknis dan memiliki gameplay yang cukup menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/196/051601514
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Mar 2016 09:55
Last Modified: 21 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146733
[thumbnail of SKRIPSI_105060801111052.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_105060801111052.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item