Desain Dan Implementasi Mixed Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Ditingkat Sekolah Dasar Kelas V Menggunakan Teknologi Hologram

Pambudi, MuhfidAli (2016) Desain Dan Implementasi Mixed Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Ditingkat Sekolah Dasar Kelas V Menggunakan Teknologi Hologram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak pengajar Ilmu Pengetahuan Alam yang mengalami kesulitan pada pembelajaran sistem pernapasan manusia khususnya bagi siswa pemula yang baru mengenal pelajaran sistem pernapasan manusia. Cara pengajaran selama ini yang menggunakan papan tulis dan buku panduan dianggap kurang efektif untuk membantu siswa agar mudah mengingat fungsi dari beberapa organ pernapasan manusia dan mengetahui alur pernapasan manusia. Untuk itu dalam penelitian ini dibuat sebuah aplikasi Hiteru, yakni aplikasi sistem pernapasan manusia dengan menerapkan teknologi Mixed Reality (MR) dan menggunakan teknik hologram. Aplikasi ini menerapkan MR dalam tampilan animasi pernapasan manusia dan hologram sebagai tempat untuk menghasilkan bayangan 3 dimensi. Aplikasi dapat memberikan contoh alur pernapasan manusia yang disertai penjelasan disetiap organnya. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa animasi 3D dapat muncul tegak lurus dan sesuai dengan objek pada kemiringan akrilik 45 derajat, dan jarak optimal untuk melihat animasi hologram yakni 70-110cm. Pengujian pada pengguna murid SD yang baru mengenal pembelajaran sistem pernapasan manusia menunjukkan adanya efektifitas pembelajaran dimana 80,57% murid dapat menerima aplikasi yang telah dibuat. Sedangkan untuk tingkat kelayakan aplikasi didapatkan melalui dua kali test yang dilakukan pada 10 responden, untuk test pertama sebelum menggunakan aplikasai Hiteru didapatkan hasil rata-rata 50%, sedangkan pada test selanjutnya setelah menggunakan aplikasi didapatkan hasil rata-rata 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/176/051601494
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Mar 2016 11:45
Last Modified: 21 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146711
[thumbnail of LAPORAN_muhfid_after_sidang_-_Copy.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_muhfid_after_sidang_-_Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item