Pencarian Pola Kecenderungan Pengambilan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Apriori

Iqbal, Muhammad (2016) Pencarian Pola Kecenderungan Pengambilan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Apriori. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mata kuliah adalah salah satu bagian penting dalam menjalani perkuliahan dimana mahasiswa akan memilih mata kuliah pada awal semester dan mata kuliah yang dipilih tersebut akan diljalani selama satu semester. Dalam pemilihan mata kuliah ada banyak pilihan yang terkadang membuat mahasiswa kesulitan dalam memilih mata kuliah. Mata kuliah yang telah dipilih oleh mahasiswa dapat diolah menjadi informasi yang berguna bagi orang lain. Tujuan dari data mining adalah merubah data dalam jumlah besar menjadi sebuah informasi sehingga pada penelitian ini data KRS mahasiswa akan diolah menjadi sebuah informasi yang berguna bagi orang lain. Pendekatan yang digunakan dalam data mining adalah association rule dan penerapan dari association rule adalah menggunakan algoritma apriori. Pemilihan algoritma apriori karena sangat cocok untuk mencari pola frekuensi tinggi sehingga dapat digunakan dalam mencari pola pemilihan mata kuliah. Nilai minimum support dan nilai minimum confidence adalah parameter untuk menentukan batasan mata kuliah yang akan dihasilkan. Data yang digunakan adalah KRS semester ganjil mahasiswa angkatan 2012 rprogram studi informatika pada tahun akademik 2014/2015 atau bisa juga disebut pemilihan matakuliah pada semester lima karena pada semester inilah pemilihan keminatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/131/051601449
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Feb 2016 11:25
Last Modified: 21 Oct 2021 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146662
[thumbnail of Laporan_Skripsi_Muhammad_Iqbal.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_Muhammad_Iqbal.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item