Wibowo, YusufAji (2016) Rancang Bangun Game Multiplayer Cerdas Cermat Menggunakan Websocket. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Cerdas cermat merupakan salah satu permainan adu cepat dan tepat dalam menjawab suatu soal. Permainan cerdas cermat banyak diterapkan pada platform digital sebagai bentuk game edukasi. Selain sebagai media hiburan game edukasi bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan. Adanya game cerdas cermat membuat pemain tidak lagi harus berada di satu ruangan lomba untuk dapat merasakan perlombaan cerdas cermat. Jika dilihat dari beberapa game cerdas cermat yang ada tersebut game dirasakan kurang menarik karena merupakan game single player hanya bisa dimainkan sendiri sehingga tidak bisa bermain dengan pemain lain dalam waktu yang sama (multiplayer). Untuk dapat membuat game multiplayer yang dapat berjalan secara real time dapat menggunakan teknologi websocket. Websocket adalah sebuah teknologi yang menyediakan dua arah komunikasi yang melalui sebuah socket Transmission Control Protocol pada sebuah web browser dan web server yang dapat digunakan oleh beberapa aplikasi client maupun server. Game ini dirancang menggunakan metode iterative and rapid prototyping. Dari hasil paper prototyping kemudian dilanjutkan dengan implementasi digital. Implementasi digital terbagi pada game server dan game client. Pada game client terdapat babak 1, 2, dan 3 dengan gameplay yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian unit menggunakan whitebox testing, didapatkan hasil perhitungan cyclomatic pada algoritma pencarian sebesar 3 dan algoritma penanda waktu sebesar 3. Dan hasil pengujian pada setiap jalur kasus uji hasil yang didapatkan yang sesuai dengan hasil yang diharapkan sebesar 100%. Berdasarkan hasil pengujian kombinatorial dan test flow diagram pada setiap jalur kasus uji didapatkan status valid sebesar 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsional game telah valid. Berdasarkan hasil kuesioner pengujian pengguna didapatkan hasil bahwa 70% koresponden menyatakan sangat baik dan 30% lainnya menyatakan baik pada komponen pertanyaan pertama. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa perancangan dan pengembangan game telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu membangun game multiplayer cerdas cermat yang menyenangkan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2016/10/051601328 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 14:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146627 |
Preview |
Text
Yusuf_Aji_WIbowo_115090613111004.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |