Pengujian Usability Desain Tata Letak Papan Ketik Untuk Penulisan Teks Arab. (Studi Kasus: Intellark, Nonosoft Khot, dan Arabic Pad).

Puspitasari, Citra Krissandra (2015) Pengujian Usability Desain Tata Letak Papan Ketik Untuk Penulisan Teks Arab. (Studi Kasus: Intellark, Nonosoft Khot, dan Arabic Pad). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kenyataan bahwa mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam secara tidak langsung membuat kebutuhan mempelajari bahasa Arab secara tertulis semakin tinggi khususnya untuk proses pembelajaran, komunikasi dan penyusunan sumber pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sumber pembelajaran agama Islam yang berbahasa Arab. Salah satu teknologi komputer yang ditawarkan saat ini adalah dengan adanya desain tata letak papan ketik Arab yang bisa membantu untuk pengetikan teks Arab. Akan tetapi untuk menggunakan desain keyboard baru akan memerlukan proses belajar kembali dan memakan waktu yang lama jika terdapat perbedaan yang sangat jauh secara fonologis antara papan ketik yang biasa dipakai dengan yang baru. Diketahui bahwa banyak masyarakat yang menggunakan keyboard berbasis QWERTY dan dari studi literatur terdapat beberapa desain tata letak papan ketik Arab yang secara fonetik mendekati desain QWERTY, diantaranya: Intellark, Nonosoft Khot, dan Arabic Pad. Namun sejauh ini belum ada penelitian yang menilai atau membandingkan ketiganya. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian yang membandingkan ketiganya dari segi usability terhadap pengguna yang berbahasa utama bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan Intellark unggul dalam waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya, Nonosoft Khot memiliki keunggulan dalam hal tingkat akurasi yang tinggi, serta untuk Arabic Pad memiliki keunggulan dalam hal kecepatan penulisan.

English Abstract

Indonesia that the majority of muslims is not directly creating the need to learn Arabic in writing to learning, communication or preparation of learning resource, this due to many sources of Islamic religious learning Arabic. One of computer technology has offer were with design of the of the Arabic keyboard layout that can help for typing Arabic text, but to use the new keyboard will re-learning processes and it will take a long time if there is a huge difference between the phonologically commonly with the new keyboards. It is known that the dominant society using QWERTY-based keyboard and from the study of literature there are several keyboard layout designs that are phonetically QWERTY-design, approachinclude: Intellark Arabic, Nonosoft Khot, and Arabic Pad. But so far comparing to study assesses or three and therefore required a study comparing the three terms of usability for users speak Indonesian who primaries. Based on the writing of individual differences this study found that use of Intellark excelled in the time it takes learn a little, Nonosoft Khot the which has advantages in terms of a highdegree of accuracy, as well as for Arabic Pad has advantages in terms of speed of writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/67/051500816
Uncontrolled Keywords: KeyboardLayout, Intellark Arabic, Nonosoft Khot, Arabic Pad
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2015 15:45
Last Modified: 28 Nov 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146592
[thumbnail of Pengujian_Usability_Desain_Tata_Letak_Papan_Ketik_Untuk_Penu.pdf]
Preview
Text
Pengujian_Usability_Desain_Tata_Letak_Papan_Ketik_Untuk_Penu.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item