Audit Tata Kelola Teknologi Infomasi pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar menggunakan Framework Cobit 4.1

Rahman, NisrinRusydina (2015) Audit Tata Kelola Teknologi Infomasi pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar menggunakan Framework Cobit 4.1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada KOMINFO Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DishubKOMINFO) Kabupaten Blitar merupakan bidang yang menangani untuk membantu Kepala Dinas dalam penyiapan, perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta standarisasi, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang komunikasi dan informatika. Dilihat dari tugas yang dilakukan, KOMINFO memerlukan tata kelola TI yang sudah disesuaikan dengan standar sehingga dapat membatu tugas yang dilakukan KOMINFO. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi pada KOMINFO dengan menggunakan framework COBIT 4.1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai kematangan dari masing-masing domain, yaitu domain PO sebesar 2,50, domain AI sebesar 1,95, domain DS sebesar 2,10, dan domain ME sebesar 2,13 dari skala 0 sampai 5. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh KOMINFO adalah antara skala 3 dan skala 4. Hasil nilai kematangan tersebut digunakan untuk menentukan rekomendasi yang akan dibuat untuk KOMINFO agar dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Beberapa rekomendasi yang dapat diberikan kepada KOMINFO adalah membuat dokumen pengembangan TI, membuat jadwal untuk pemeliharaan infrastuktur TI, melakukan pengelolaan tehadap resiko dari sistem TI, dan melakukan evaluasi tata kelola TI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/458/051600959
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2016 15:45
Last Modified: 21 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146528
[thumbnail of SKRIPSIFULLFIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSIFULLFIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item