Pembangunan Sistem Penjualan dan Pemasaran Buku Dengan Menggunakan Pendekatan FAST (Framework for the Application of System Technique

Damayanti, Yuni (2015) Pembangunan Sistem Penjualan dan Pemasaran Buku Dengan Menggunakan Pendekatan FAST (Framework for the Application of System Technique. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko Buku Sarjana, pada praktek kesehariannya mengharuskan customer yang ingin membeli buku datang langsung ke Toko Buku Sarjana. Pada proses promosi juga masih menggunakan selebaran dan banner sebagai suatu usaha untuk mempromosikan produk terbaru yang ada pada Toko Buku Sarjana. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengubah konsep lama tersebut dan memperbaruinya dengan konsep baru yang berbasiskan CRM. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dimaksudkan dapat menjadi solusi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mempermudah proses pelayanan kepada customer. Dalam pembangunan sistem penjualan dan pemasaran, penulis hanya memfokuskan perancangan pada operational function CRM Sales Force Automation dan Marketing Automation. Penggunaan metode Framework for the Application of System Technique (FAST) dalam proses pengembangan perangkat lunak ini bertujuan untuk mempermudah dalam memahami dan menganalisis kebutuhan pengguna, memberikan solusi yang layak, hingga pembuatan sistem yang lebih terorganisir. Skripsi ini akan menjelaskan tentang pengembangan sistem untuk mendukung pelaksanaan proses penjualan dan pemasaran yang didukung oleh adanya fitur penjualan dan promosi secara online. Pengujian dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengujian black box, white box, dan pengujian usability.

English Abstract

Sarjana Bookstore, in the daily practice require their customers who want to buy the book to directly came to the Sarjana Bookstore. In the process of promotion is also still using flyers and banners as an effort to promote the latest products that available in the Sarjana Bookstore. In this study, the authors tried to change the old concept and update it with new concepts based CRM. The Application of Customer Relationship Management (CRM) can besolution to extend the range of marketing and to simplify service process to customer. In the development of sales and marketing system, the authors focus only on operational planning function CRM Sales Force Automation and Marketing Automation. The use of Framework for the Application of System Technique (FAST) methods in the software development process aims to make it easier to understand and analyzed the needs of users, providing a proper solution, to create more organized system. This paper describes the systematic development to support the implementation of the sales and marketing process which is supported by the features of the sales and promotions online. Testing is done through three stages, black box testing, white box, and usability testing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/456/051600957
Uncontrolled Keywords: Sales system and marketing books, CRM, FAST,-Sistem Penjualan dan Pemasaran Buku, CRM, FAST.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2016 15:31
Last Modified: 28 Nov 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146526
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item