Audit Teknologi Informasi Pada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Malang Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1

Prasetya, MuhammadSeptama (2015) Audit Teknologi Informasi Pada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Malang Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit Teknologi Informasi (TI) di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1. Digunakan studi lapangan, kuesioner dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur nilai Maturity level pada proyek layanan TI. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah yang diperoleh, didapatkan nilai rata-rata pada domain PO dapat mencapai angka 2,44, nilai rata-rata pada domain AI lebih rendah dari pada domain PO, yaitu mencapai angka 2,28, sedangkan nilai rata-rata pada domain DS mencapai angka 2,27 dan nilai rata-rata pada domain ME paling rendah, yaitu hanya mencapai angka 2. Sedangkan nilai Maturity level yang diharapkan oleh pihak UTD PMI Kota Malang berada pada skala 3 hingga 4.Keseluruhan nilai Maturity level yang diperoleh memiliki skala 0 sampai 5. Dengan diperolehnya nilai Maturity level yang ada pada saat ini, diharapkan dari rekomendasi yang diberikan dapat dijadikan sebagai feedback untuk pihak UTD PMI Kota Malang yang dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk lebih meningkatkan performansi kerja, kontrol pada bidang TI dan integritas data pada tata kelola TI yang diterapkan saat ini. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk pihak UTD PMI Kota Malang antara lain untuk melakukan peninjauan kelayakan komponen pendukung infrastruktur TI, melakukan dokumentasi pada setiap proyek yang pernah dilakukan, terutama pada pengelolaan sumber daya manusia pada bidang TI, pelatihan pada staff pengguna baru, pengelolaan resiko dan pengelolaan lingkungan infrastruktur TI serta mendefinisikan tata kelola TI yang ada pada UTD PMI Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/447/051600948
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2016 12:38
Last Modified: 21 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146516
[thumbnail of SKRIPSI_M._Septama_P._115061000111004.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_M._Septama_P._115061000111004.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item