Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Untuk Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus : SDN Sukabumi 2 Probolinggo)

Arif, RamadhanaSanja (2015) Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Untuk Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus : SDN Sukabumi 2 Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya sendiri. SDN Sukabumi 2 Probolinggo merupakan sekolah dasar terbaik di Kota Probolinggo. Salah satu program sekolah setiap tahunnya adalah penerimaan siswa baru yang disebut P2DB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Dalam proses P2DB, Tim Seleksi menggunakan aturan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. Namun, Tim Seleksi P2DB memiliki pro dan kontra terhadap prosedur penilian yang dirasa kurang optimal dan tidak sesuai dengan harapan sekolah. Selain itu, potensi yang dimiliki siswa memerlukan cara penilaian yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan saat ini. Subjektivitas menjadi salah satu fokus utama pada skripsi ini. Menggunakan metode F-AHP merupakan salah satu prosedur untuk menyelesaikan permasalahan subjektivitas P2DB SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Salah satu prosedur mengurangi resiko subjektivitas pada F-AHP terdapat transformasi TFN terhadap skala AHP. Kemudian, nilai intensitas pada skala AHP difuzzyfikasikan sesuai dengan aturan. Skripsi ini menggunakan 147 data calon siswa baru SDN Sukabumi 2 Probolinggo 2014 – 2015 dengan 7 kriteria. Hasil pengujian yang telah dilakukan dan didapatkan akurasi sebesar 97,65 %. Dengan akurasi yang mendekati 100%, dapat dikatakan Metode F-AHP diimplementasikan dengan baik dan berhasil memenuhi kebutuhan seleksi P2DB SDN Sukabumi 2 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/374/051508351
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 01 Dec 2015 14:35
Last Modified: 20 Oct 2021 17:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146435
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI__Ramadhana_Sanja.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI__Ramadhana_Sanja.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item