Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya)

Musthofa, Allif (2015) Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem peredaran darah adalah sistem dari tubuh yang terdiri dari jantung, darah, dan pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah. Materi tentang sistem peredaran darah ini banyak diberikan kepada Mahasiswa Fakultas Kedokteran khususnya yang menjadi fokus peneliti adalah mahasiswa Progam Studi Ilmu Keperawatan. Saat ini dalam penyampaian materi tenaga pengajar masih menggunakan penjelasan lisan dan teori dengan menjelaskan di depan mahasiswa melalui presentasi materi. Tidak sedikit mahasiswa kesulitan memahami materi yang disampaikan, dengan penyampaian materi yang masih manual seperti itu pastilah terlihat abstrak bagi para mahasiswa. Pada penelitian ini diimplementasikan sebuah aplikasi perangkat bergerak Android untuk sistem peredran darah, yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pengaplikasiannya. AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua ataupun tiga dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu yang nyata. Teknologi AR berguna untuk menampilkan informasi tentang sistem peredaran darah dalam bentuk model 3D sehingga bisa lebih interaktif dan menyenangkan. Hasil pengujian yang dilakukan menujukan bahwa aplikasi mampu berjalan dengan baik di sistem operasi Android, aplikasi dibuat dengan menggunakan unity dan library Vuforia. Marker yang digunakan untuk menampilkan model 3D menggunakan model markerless dengan gambar jantung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/347/051508284
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 25 Nov 2015 11:18
Last Modified: 20 Oct 2021 17:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146405
[thumbnail of SKRIPSI_MOBILE_AUGMENTED_REALITY_UNTUK_PEMBELAJARAN_SISTEM_PEREDARAN_DARAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MOBILE_AUGMENTED_REALITY_UNTUK_PEMBELAJARAN_SISTEM_PEREDARAN_DARAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item