Analisa Perwujudan Asas Proporsionalitas Dalam Perjanjian Kerjasama Gudang Garam Stategic Partnership Horecatainment (Hotel, Restaurant, Cafe Dan Entertainment)

Mayzora, Dea (2017) Analisa Perwujudan Asas Proporsionalitas Dalam Perjanjian Kerjasama Gudang Garam Stategic Partnership Horecatainment (Hotel, Restaurant, Cafe Dan Entertainment). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisa perwujudan asas proporsionalitas dalam perjanjian kerjasama gudang garam strategic partnership horecatainment(hotel restaurant cafe dan entertainment). Pada dasarnya, sebuah hubungan hukum yang berdimensi kontrak berawal dari suatu perbedaan atau ketidaksamaan kepentingan di antara para pihak. Bahkan boleh dikatakan hubungan hukum itu pada satu titik tertentu saling berlawanan, disebabkan adanya kepentingan yang sama yaitu saling mencari keuntungan. Dalam keadaan demikian maka dibutuhkan tindakan hukum yaitu berupa negosiasi, atau proses tawar menawar. Adanya perbedaan kepentingan inilah yang kemudian dicari titik temu. Titik temu dimaksud selanjutnya dituangkan dalam bentuk kontrak yaang mewadai pertukaran hak dan kewajiban. Asas yang mendasari pertukaran hak dan kewajiban sesuai dengan porsinya disebut asas proporsionalitas. Dari uraiantersebutdirumuskan permasalahan bagaimana bentuk perwujudan asas proposionalitas di dalam Perjanjian Kerjasama Gudang Garam Strategic Partnership Horecatainmentyang dilakukan oleh PT. Surya Madistrindo dengan pihak lain dalam memasarkan produk-produk PT. Gudang Garam Tbk sehinggga dapat diidentifikasi dan dianalisa klausula mana saja yang mencerminkan asas proporsionalitas. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif yaitu penelitian yang dimulai dengan menganalisa pasal-pasal dalam perjanjian kerjasama tersebut kemudian diselesaikan dengan pendekatan konseptual yang beranjak dari pandangan dan doktrin yang berkembang dalam ilmu hukum. Kewajiban dari pihak pertama adalah menyediakan unit material dan melakukan pembayaran dana kerjasama, sedangkan kewajiban dari pihak kedua adalah menyediakan area branding di dalam outlet, memajang unit material agar terlihat dengan konsumen, memelihara dan merawat unit material, menyediakan produk-produk PT. Gudang Garam, Tbk dan memberikan laporan penjualan setiap akhir bulan.Sekilas poin kewajiban yang ditanggung oleh pihak kedua lebih banyak daripada poin yang dibebankan pada pihak pertama, namun bila melihat besarnya resiko yang ditanggung oleh pihak pertama dan besarnya dana yang diberikan oleh pihak pertama kepada pihak kedua untuk melakukan kewajibanya selama satu tahun maka isi dari perjanjian ini memenuhi asas proporsionalitas.

English Abstract

This thesis discusses the analysis of the embodiment of the principle of proportionality in the gudanggaramcooperation agreement strategic partnership horecatainment (hotel restaurant cafe and entertainment). Basically, a legal relationship that dimension contract originated from a difference or inequality between the interests of the parties. One might even say that the legal relationship at a certain point in opposite, due to the similar interests that seek mutual benefit. In such circumstances, the necessary legal action in the form of negotiation or bidding process. The difference in interest is then sought common ground. The meeting point is then poured in the form of an exchange place of contract rights and obligations. The underlying principle of the exchange of rights and obligations in accordance with its portion is called the principle of proportionality. From the description formulated the problem of how embodiments of the principle of proportionality in the GudangGaramCooperation Agreement Strategic Partnership Horecatainment conducted by PT. Surya Madistrindo with other parties in the market the products of PT. GudangGaramTbk can be identified and analyzed so as any clauses that reflect the principle of proportionality. By using normative juridical research method research that begins by analyzing the articles of the agreement is then completed with a conceptual approach that depart from the views and doctrines that developed in the jurisprudence. The first is the obligation of the parties to provide material unit and make payments cooperation funds, while the obligation of the second party is providing branding in the outlet area, display units of material to look at consumers, maintain and care for material unit, providing products PT. GudangGaramTbk and provide reports sales each end of the month. Glance points obligations covered by the second more than the points charged to the first party, but when you see the magnitude of the risk borne by the first and the amount of funds provided by the first party to the second party to perform its obligations for one year, then the contents of this agreement satisfy the principle of proportionality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/394/051705866
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.02 Juristic acts, contracts, agency > 346.022 Contracts
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Aug 2017 01:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1464
[thumbnail of Bagian Depan.pdf] Text
Bagian Depan.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)

Actions (login required)

View Item View Item