Clustering Data Numerik Dengan Menggunakan Algoritma DBSCAN (Density-Based Spatial Clustering Of Application With Noise) Untuk Menentukan Rekomendasi Jodoh.

Septiaji, AgungLuthfian (2015) Clustering Data Numerik Dengan Menggunakan Algoritma DBSCAN (Density-Based Spatial Clustering Of Application With Noise) Untuk Menentukan Rekomendasi Jodoh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya beragam jejaring media sosial membuat setiap orang dapat dengan mudah terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Akan tetapi sampai saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang sulit untuk mencari pasangan hidupnya yang benar-benar ideal dan cocok. Berdasarkan data statistik dari hasil survey yang dilakukan oleh BPS di Indonesia bahwa pada usia 20 – 34 tahun jumlah penduduk yang belum menikah hampir 18 juta jiwa dan lebih dari satu juta jiwa berstatus cerai. Beberapa faktor yang membuat masyarakat kesulitan dalam mencari pasangan hidup yang benar-benar ideal salah satunya adalah ketidaktahuan dalam memilih kriteria pasangan. Akibatnya, hubungan tidak akan bertahan lama jika setiap pasangan tidak mengetahui karakter masing-masing sehingga dapat menimbulkan perpisahan. Algoritma DBSCAN adalah sebuah algoritma clustering yang dikembangkan berdasarkan tingkat kerapatan data (density-based). Parameter Eps digunakan untuk menentukan radius (jarak maksimal) titik-titik anggota cluster dari pusat cluster. Dan parameter MinPts digunakan untuk memberikan batasan jumlah titik-titik yang menjadi anggota cluster dalam radius Eps tersebut. Dalam penentuan pusat cluster baru dari hasil penggabungan cluster yang density connected menggunakan perhitungan rata-rata jarak dengan semua titik dalam cluster tersebut. Hasil clustering yang terbentuk akan diuji tingkat kualitasnya dengan menggunakan silhouette dengan nilai 0,992 pada nilai parameter epsilon 0.1 dan minpts 4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/314/051508319
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:53
Last Modified: 20 Oct 2021 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146369
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_FULL_V2.1_-_Agung_Luthfian_Septiaji.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_FULL_V2.1_-_Agung_Luthfian_Septiaji.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item