Rancang Bangun Game Augmented Reality Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Pada Perangkat Mobile Berbasis Android

Adimanggala, Dinda (2015) Rancang Bangun Game Augmented Reality Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Pada Perangkat Mobile Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pengenalan sejarah menjadi masalah utama. Banyak siswa yang tidak memahami makna sejarah, bahkan peristiwa bersejarah di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengajaran sejarah yang mengutamakan fakta keras yang hanya akan menimbulkan kebosanan dan keengganan di kalangan siswa. Sebuah pendekatan visual dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu pendekatan visual yang dapat digunakan adalah game edukasi bertemakan sejarah yang menggunakan teknologi augmented reality dan dikembangkan pada perangkat mobile berbasis android. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual ke dalam dunia nyata secara interaktif. Game ini difokuskan pada cerita sejarah pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Hasil pengujian game menunjukkan bahwa game membuat pemain menjadi senang dan tertarik. Tingkat pemahaman cerita sejarah dalam game ini juga cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/295/051508257
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:18
Last Modified: 20 Oct 2021 15:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146347
[thumbnail of Laporan_Akhir_RANCANG_BANGUN_GAME_AUGMENTED_REALITY_PERTEMPURAN_10_NOVEMBER.pdf]
Preview
Text
Laporan_Akhir_RANCANG_BANGUN_GAME_AUGMENTED_REALITY_PERTEMPURAN_10_NOVEMBER.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item