Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (GIS) Potensi Hasil Perikanan Di Kota Pasuruan (Studi Kasus Dinas Perikanan Kota Pasuruan)

Putra, AlfianPratama (2015) Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (GIS) Potensi Hasil Perikanan Di Kota Pasuruan (Studi Kasus Dinas Perikanan Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Pasuruan salah satu wilayah potensial hasil perikanan di Provinsi Jawa Timur. Kota Pasuruan mempunyai luas 36,58 km2 , luas area tambak 502,39 ha dan panjang pantai 4,5 km. Dinas perikanan Kota Pasuruan telah melakukan survei mengenai potensi hasil perikanan Kota Pasuruan. Berdasarkan survei yang telah peneliti lakukan di Dinas Perikanan Kota Pasuruan, data yang di dapat berupa data tabel. Kelemahan dari data tabel adalah tidak bisa menunjukkan letak secara tepat posisi lokasi longitude dan latitude. Untuk memudahkan pegawai Dinas Perikanan mengetahui tambak di setiap kelurahan maka dibuat sistem yang bisa memetakan tambak supaya lebih mudah dipahami. Salah satu cara agar memudahkan pegawai Dinas Perikanan mengetahui dimana tambak di setiap Kelurahan adalah dengan Sistem Informasi Geografis. Dalam penelitian ini dibangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tambak di Kota Pasuruan. Aplikasi ini dapat membantu dinas perikanan kota Pasuruan dalam memetakan jumlah tambak dan hasil ikan yang ada di kota Pasuruan. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakan leafletjs sebagai dasar pembuatan Sistem Informasi Geografis. Bahasa pemograman yang digunakan menggunakan javasript dan php, untuk penyimpanan data menggunakan MySql. Hasil dari pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk perikanan diharapkan mampu memberikan suatu gambaran tentang sumber-sumber perikanan di kota Pasuruan. Petugas dinas dapat mengetahui tambak bagus dan tambak jelek di setiap kelurahan, dan grafik hasil tambak di setiap kelurahan. Dari hasil pengujian validasi aplikasi mampu menjalankan semua kasus uji yang dibuat berdasarkan spsesifikasi kebutuhan sistem. Berdasarkan pengujian usability aplikasi Sistem Informasi Geografis Potensi Hasil Perikanan di Kota Pasuruan memiliki skor 87% yang berarti bahwa nilai kegunaan dari aplikasi sangat baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/285/051508247
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 13 Nov 2015 10:28
Last Modified: 20 Oct 2021 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146336
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item